Minggu, 05 Apr 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • 3 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh dari Ancaman Penyakit yang Mengincar

3 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh dari Ancaman Penyakit yang Mengincar

Minggu, 08 Maret 2020 21:22 WIB
merdeka.com

Ilustrasi

Jakarta (SIB)
Musim hujan yang sedang deras-derasnya menjadi ancaman bagi kesehatan banyak orang. Hal ini ditambah dengan ancaman infeksi virus corona yang secara resmi diketahui sudah masuk Indonesia.

Salah satu cara menjaga tubuh dari masuknya penyakit dan infeksi ini adalah dengan menjaga kekebalan tubuh. Sistem imun yang dimiliki tubuh ini bisa membantu kita terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang mengancam.

Tindakan sederhana yang kita lakukan setiap hari bisa menjadi cara ampuh untuk melindungi diri dari berbagai ancaman ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah ancaman penyakit.

Turunkan Stres
Stres bisa berdampak pada sejumlah aspek pada tubuh mulai kesehatan otak hingga berat badan. Ketika masalah ini terjadi secara berlarut-larut, hal ini bisa menurunkan kekebalan tubuh dan membuatmu rentan sakit.

Hal ini terjadi karena kortisol, hormon yang menjadi penyebab stres semakin meningkat. Ketika hal ini terjadi, kemampuan tubuh untuk memulihkan diri jadi terdampak.

"Dari memperlambat pemulihan luka, menghilangkan efek protektif dari vaksin, hingga meningkatkan kemungkinan infeksi, stres merupakan peredam kekebalan tubuh yang luar biasa," terang Robin Berzin, pakar kesehatan asal New York.

Jaga Gaya Hidup Sehat dan Cukup Tidur
Selain untuk mencegah terjadinya penyakit, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa membantu menghilangkan stres. Gaya hidup sehat ini termasuk tidur cukup dalam sehari yang bisa membuatmu terhindar dari kemungkinan masuknya sejumlah masalah kesehatan.

"Ketika tidur, sistem kekebalan tubuh membenahi dirinya sendiri, mitokondria membersihkan diri, serta hati melakukan sebagian detoksifikasi," jelas Heather Miday, pakar alergi dan kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan tinggi nutrisi termasuk buah dan sayur juga terbukti memiliki pengaruh positif pada kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh dalam kondisi yang baik, maka penyakit dan infeksi bakal kesulitan untuk masuk ke dalam tubuh.

Jaga Kebersihan
Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Usahakan untuk menghindari sentuhan langsung ke tempat-tempat yang banyak disentuh orang lain seperti pegangan pintu.

Bersihkan tangan secara rutin juga walau begitu jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya. Pasalnya, paparan sejumlah bakteri sesungguhnya bisa berdampak baik pada kekebalan tubuh.

Ketika kamu hidup pada lingkungan yang terlalu steril, maka kamu lebih rentan terpapar infeksi. Usahakan mencuci atau membersihkan tangan sebelum tidur, ketika dari kamar mandi, atau ketika baru sampai rumah saja.

Tiga hal mudah tersebut bisa menjadi cara yang kamu lakukan untuk membuat kekebalan tubuh meningkat di musim penyakit ini. Dengan kondisi tubuh yang kuat, maka penyakit akan sulit bercokol di dalam tubuh. (Merdeka.com/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments