Selasa, 28 Jan 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Kesehatan
  • 99 Persen Hepatitis A Bisa Sembuh, 1 Persen Lagi ke Mana?

99 Persen Hepatitis A Bisa Sembuh, 1 Persen Lagi ke Mana?

redaksi Minggu, 08 Desember 2019 19:39 WIB
thinkstock
mumnya penyakit hepatitis A tidak berbahaya, bahkan 99 persen kemungkinan bisa disembuhkan.
Jakarta (SIB)
Umumnya penyakit hepatitis A tidak berbahaya, bahkan beberapa ahli mengatakan 99 persen kasus infeksi dapat disembuhkan. Namun, tetap ada risiko hepatitis A berujung kematian.

Menurut Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Dr dr Irsan Hasan, SpPD, KGEH, hepatitis A sebetulnya mudah disembuhkan karena obatnya hanya dengan melakukan istirahat serta memakan makanan yang bergizi. Hanya saja dr Irsan menekankan tetap jangan dianggap remeh.

"Hepatitis A 99 persen sembuh sendiri, kan obatnya istirahat, biasanya yang berbahaya itu (kalau) dia tetap saja beraktivitas," ucap Dr Irsan, di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, pada Rabu (4/12).

Adanya indikasi dari penyakit selain hepatitis A pada orang yang terinfeksi juga dapat meningkatkan risiko, bahkan hingga menyebabkan kematian.

"Kadang-kadang dia (orang yang terinfeksi) punya penyakit lain, menurut pengalaman saya, dia ada diabet. Sering kali diabet, jika sampai fulminant maka angka kematiannya tinggi," tambah Dr Irsan.

Bagi penderita diabetes, hepatitis A lebih rentan untuk menjadi hepatitis kronis. Fulminant hepatitis artinya ada gagal hati akut pada orang yang terinfeksi. (detikhelth/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments