Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Hukum
  • Secara hukum,apakah ada pidana bagi wartawan atas pemberitaan yang keliru

Konsultasi Hukum

Secara hukum,apakah ada pidana bagi wartawan atas pemberitaan yang keliru

redaksi Selasa, 19 November 2019 22:16 WIB
suara.com
Ilustrasi Hukum

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelum masuk pada unsur pidana,ada upaya lain yang dapat ditempuh untuk melindungi hak bagi seseprang yang merasa dirugikan dengan pemberitaan yang keliru tersebut. Di dalam dunia pers dikenal Hak Jawab dan Hak Koreksi sebagaimana diatur Undang Undang(UU) Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers(UU Pers).


Hak Jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya.


Dan Hak Koreksi adalah hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberikan oleh pers, baik tentang dirinya maupun orang lain. Hak Jawab dan Hak Koreksi suatu langkah yang dapat diambil pembaca karya pers nasional (karua jurnalistik) apabila terjadi kekeliruan pemberitaan.


Sedang upaya yang dapat ditempuh akibat pemberitaan pers yang merugikan adalah membuat pengaduan kepada Dewan Pers. Apabila Hak Jawab dan pengaduan ke Dewan Pers tidak juga membuahkan hasil, maka UU Pers juga mengatur ketentuan pidana dalam pasal 5 jo pasal 18 UU Pers.


Demikian jawaban kami dengan mengacu pada UU Pers, semoga bermanfaat. (t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments