Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Hukum
  • LBH Medan Nilai Keputusan MA Lepaskan Terdakwa BLBI Ciderai Rasa Keadilan

LBH Medan Nilai Keputusan MA Lepaskan Terdakwa BLBI Ciderai Rasa Keadilan

admin Selasa, 16 Juli 2019 22:38 WIB
Medan (SIB) -Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan Ismail Lubis SH MH menilai keputusan Mahkamah Agung (MA) melepaskan terdakwa kasus dugaan korupsi terkait Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) Syafruddin Arsyad Temenggung, mantan Ketua BPPN yang sebelumnya dihukum 15 tahun penjara di tingkat banding mencinderai rasa keadilan.

"Ini keputusan yang kacau, namun memang kita wajib menghormati putusan kasasi MA itu. Namun kita sangat menyayangkan bahkan kecewa dan miris melihat putusan yang aneh seperti ini. Dari Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Tinggi (PT) terbukti bersalah namun kemudian di MA diputus bebas kasus korupsi besar semacam ini. Kami memandang ini menciderai rasa keadilan dan semangat pemberantasan korupsi," kata Ismail Lubis kepada SIB di Medan, Rabu (10/7) lalu.

Untuk itu ia berharap adanya upaya hukum yang dilakukan oleh KPK, karena putusan ini berbahaya apabila dikemudian hari menjadi yurisprudensi dan diikuti oleh hakim-hakim lainnya.

"Makanya ini bisa jadi preseden buruk dan kemunduran dalam sejarah pemberantasan korupsi di negara kita. Kemudian kita juga mendorong agar Komisi Yudisial (KY) memeriksa hakim yang bersangkutan, apakah ada pelanggaran etik atau tidak," katanya. (M20/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments