Minggu, 25 Agu 2019
  • Home
  • Hukum
  • Ketua PT Sumut Ajak Sesama Penegak Hukum Saling Menghormati

Rakernas Advokat AAI di Medan

Ketua PT Sumut Ajak Sesama Penegak Hukum Saling Menghormati

* Ketua DPC AAI Dr Hakim Tua Harahap Berterima Kasih, Medan Dipercaya Tuan Rumah
admin Selasa, 16 Juli 2019 22:40 WIB
SIB/Martohap Simarsoit
Rakernas AAI : Wagub Sumut Musa Rajekshah (tengah) seusai membuka Rakernas AAI di Hotel Emerald Garden Medan, Jumat (12/7) malam foto bersama para pengurus pusat AAI di antaranya, Ketua umum DPP AAI H Ismak SH, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua DPC AAI Medan Dr H Hakim Tua Harahap
Medan (SIB) -Ratusan advokat yang tergabung di AAI (Assosiasi Advokat Indonesia) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AAI Ke-XX di Hotel Emelard Garden Medan, Jumat (12/78) malam, yang dihadiri pengurus DPP (Dewan Pimpinan Pusat) AAI, DPD AAI dan pengurus DPC AAI di Indonesia.

Rakernas AAI itu dibuka oleh Wagub Sumut H Musa Rajekshah didampingi Ketua Umum DPP AAI H Ismak SH MH, Ketua Panitia Pelaksana (OC) yang juga ketua DPC AAI Medan Dr H Hakim Tua Harahap SH MH, serta disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi Sumut (KPT-SU) Dr H Cicuk Sutiarso SH MHum dan mewakili institusi penegak hukum dari Poldasu dan Kejaksaan. Kemudian Ketua DPD AAI Dr Januari Siregar SH MHum, para advokat senior seperti HM Kamaluddin Lubis, para mantan Ketua DPC AAI seperti Nurdin Siregar, Sofwan Tambunan, Charles Silalahi dan para Ketua DPC AAI di Indonesia serta ketua organisasi advokat lainnya.

Wagub Sumut dalam sambutan singkatnya berharap, Rakernas AAI menghasilkan hal-hal yang baik untuk kehidupan dan membawa cerita yang baik dari Sumut. Selamat Rakernas AAI, mudah- mudahan kita mampu mengatakan yang salah itu salah dan yang benar itu benar," kata Wagub Sumut. Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wagub Sumut.

Ketua Panitia Hakim Tua Harahap dalam laporannya mengatakan, berterima kasih kepada DPP AAI yang mempercayakan Medan sebagai tuan rumah untuk Rakernas AAI Ke-XX tahun 2019. "Panitia berharap lahir ide- ide baru maupun program kerja yang baik dalam Rakernas. Dan bagi rekan-rekan advokat dari luar Sumut dapat memanfaatkan waktu sekalian berwisata di Sumut seperti ke Danau Toba," kata Hakim Tua. Rakernas AAI kali ini, kata dia, dihadiri sedikitnya ratusan advokat dari sekitar 20 DPC AAI di Indonesia.

Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Dr H Cicuk Sutiarso dalam sambutannya, pada intinya mengajak semua penegak hukum termasuk advokat untuk saling menjaga dan saling mengingatkan dengan bahasa yang baik tanpa menimbulkan ketersinggungan. Ia juga mengajak para advokat untuk ikut bersama sama mewujudkan penegakan hukum yang bersih, serta sama sama membangun komitmen mengajak semua anggota agar memahami rambu rambu kode etik. Menurutnya, penguatan organisasi sangat perlu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pencari keadilan dalam penegakan hukum.

"Dan mengenai advokat, pada setiap pengambilan sumpah advokat saya selalu ingatkan bahwa advokat itu juga penegak hukum. Selamat ber Rakernas menuju advokat yang modern. Mari saling asah dan asuh sebagai sesama penegak hukum. Tidak ada yang merasa pintar. Saling menghormati, yang di atas belum tentu lebih tinggi. Saling mengingatkan dengan memilih bahasa yang tepat, untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan penegakan hukum itu. Kita harus bersih semua, sama sama bergandengan tangan meningkatkan mutu pelayanan penegakan hukum Saya yakin kita bisa," kata Cicuk.

Pada kesempatan itu ia menginformasikan, bahwa pendaftaran perkara untuk Pengadilan Negeri Klas I A Khusus seperti di Sumut yaitu PN Medan dan Klas I yaitu PN Lubuk Pakam, akan diterapkan pendaftaran perkara melalui elektronik.

Turut memberi sambutan Ketua Umum DPP AAI Ismak, Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat dan para advokat senior. Ketua Umum DPP AAI mengatakan, advokat AAI harus menjadi pemersatu dan menghilangkan polrarisasi. "Bersama kita untuk satu berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila", katanya. Rakernas berlangsung 12-13 Juli 2019. (BR1/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments