Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Hukum
  • Kejari Medan Buat Terobosan, Luncurkan Program "Si Abang Lae"

Kejari Medan Buat Terobosan, Luncurkan Program "Si Abang Lae"

* Barang Bukti Korban Kejahatan dan Tilang Diantar Langsung
admin Selasa, 27 Agustus 2019 17:35 WIB
SIB/Dok
Medan (SIB) -Mungkin baru yang pertama di wilayah Sumut, Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan membuat terobosan dalam pelayanan penegakan hukum bidang Pidum (pidana umum) dengan program berbasis online, khususnya bagi warga korban kejahatan yang hartanya dijadikan barang bukti (BB atau barbut), maupun bagi warga pelanggar lalu lintas atau yang kena Tilang dihukum membayar denda bukti pelanggaran lalu lintas.

Untuk pelayanan tersebut, Kejari Medan menciptakan program baru yaitu mengembalikan atau mengantarkan langsung barang bukti kepada yang berhak setelah putusan berkekuatan tetap, tanpa perlu lagi repot-repot mendatangi dan menjemputnya ke kantor Kejari Medan seperti selama ini.

Terobosan baru Kejari Medan ini diberi nama Program "Si Abang Lae"(Sistem Antar Barang Bukti & Tilang Lewat Online), yang pelaksanaannya diresmikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Dwi Harto SH MH di halaman kantor Kejari Medan Jalan Adinegoro, Senin (19/8) lalu, dengan dihadiri para Kepala Seksi (KASI) di antaranya Kasi Pidum Parada Situmorang SH MH, Kasintel M Yusuf SH MH, Kasubbagbin, para jaksa fungsional dan para staf/TU Kejari Medan.

"Warga kini tidak perlu lagi datang menjemput barangnya yang dijadikan BB dalam perkara tindak pidana, setelah perkara tersebut berkekuatan tetap karena pihak Kejari Medan yang mengantarnya langsung," kata Kajari Dwi Harto didampingi Kasi Pidum Parada Situmorang dan Kasintel M Yusuf. Disebutkan, nama program sengaja dibuat dan disingkat "Si Abang Lae" sebagai nama kearifan lokal di Sumut supaya mudah dikenali masyarakat.

"Tidak hanya untuk barang bukti, program "Si Abang Lae" ini juga mempermudah masyarakat untuk menebus denda tilang pelanggaran lalu lintas. Program tersebut sebagai bentuk terobosan dari Kejari Medan untuk masyarakat korban kejahatan dan pelanggar tilang," kata Kajari.

Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang menambahkan, masyarakat dapat meminta dengan menghubungi petugas barang bukti dan petugas tilang Kejari Medan melalui WA (untuk Tilang 081370820455 dan untuk BB 081397737739) agar barang bukti yang telah berkekuatan tetap (inkracht van gewijsdhe) diantarkan. "Atau mau pinjam pakai barang bukti dimaksud, ataupun sekedar bertanya apakah sudah diputus PN atau belum," ujar Parada.

Namun diakui Parada, sistem berbasis online layanan program 'Si Abang Lae' masih menyasar hanya di kecamatan dan kelurahan yang menjadi wilayah hukum Kejari Medan.

Untuk kelancaran Program "Si Abang Lae" dalam operasionalnya di lapangan, petugas dari Kejari Medan dilengkapi seragam (baju), maupun sepeda motor dan mobil pick up serba warna merah untuk armada di wilayah hukum Kejari Medan. "Sedang untuk yang di luar daerah hukum Kejari Medan belum ikut diprogram. Semoga ke depan dapat dilayani," kata Parada. (BR1/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments