Senin, 09 Des 2019
  • Home
  • Hukum
  • Bila bercerai, dapatkah suami mendapatkan hak asuh anak ?

Konsultasi Hukum

Bila bercerai, dapatkah suami mendapatkan hak asuh anak ?

redaksi Selasa, 03 Desember 2019 22:38 WIB
oranyenews.com
Ilustrasi hak asuh anak

Terima kasih atas pertanyaannya
Mengenai masalah hak asuh anak, pada dasarnya anak yang belum berumur 12 tahun diasuh oleh ibunya. Sebagaimana diatur pada pasal 105.

1.Pemeliharaan anak yang belum berumur 12 tahun adalah hak ibunya.

2.Pemeliharaan anak yang sudah 12 tahun diserahkan kepada anak untuk memilih di antara ayah atau ibunya sebagai pemegang hak pemeliharaannya.

3.Biaya pemeliharaan ditanggung oleh ayahnya.
Namun jika dalam persidangan ternyata terbukti meyakinkan bahwa ibu tersebut tidak dapat dipercaya dalam hal pemeliharaan seperti menelantarkan, maka hak asuh dapat dialihkan kepada ayahnya dengan catatan ayahnya bertanggungjawab, diatur dalam UU No 25 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pasal 30
1.Dalam hal orang tua sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26, melalaikan kewajibannya, terhadapnya dapat dilakukan tindakan pengawasan atau kuasa asuh orang tua dapat dicabut.

2.Tindakan pengawasan terhadap orang tua atau pencabutan kuasa asuh sebagaimana dalam ayat (1) dilakukan melalui penetapan pengadilan.

Pasal 31
1.Salah satu orang tua, saudara kandung atau keluarga sampai derajat ketiga, dapat mengajukan permohonan ke pengadilan untuk mendapatkan penetapan pengadilan tentang pencabutan kuasa asuh orang tua atau melakukan tindakan pengawasan apabila terdapat alasan yang kuat untuk itu.

2.Apabila salah satu orang tua, saudara kandung atau keluarga sampai dengan derajat ketiga, tidak dapat melaksanakan fungsinya, maka pencabutan kuasa asuh orang tua sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dapat juga diajukan oleh pejabat yang berwenang atau lembaga lain yang mempunyai kewenangan untuk itu.

Demikian jawaban singkat kami semoga bermanfaat. (R3A/d)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments