Sabtu, 11 Jul 2020
  • Home
  • Hiburan
  • YouTube Copot Video Trending, Kekeyi Nangis Takut Dipenjarakan

YouTube Copot Video Trending, Kekeyi Nangis Takut Dipenjarakan

redaksisib Sabtu, 06 Juni 2020 13:46 WIB
Jakarta (SIB)
YouTube mencopot video ‘Keke Bukan Boneka’ yang selama dua pekan berada di posisi trending. Tak ada pemberitahuan, tapi sejak Rabu (3/6), video dengan bintang Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka itu sudah tak dapat disaksikan. Seterusnya, lebih dari 10 kanal yang mencuplik video yang mengungguli kolaborasi Lady Gaga dan Blackpink, ‘Sour Candy’ tersebut berseliweran di dunia maya. Tetapi pada Jumat (5/6) sudah tayang lagi dan diburu lagi.

Setelah dicopot, perempuan mungil dengan penghasilan belasan miliar rupian sepekan itu menangis karena takut dipenjarakan. Di kanal Anji Manji, Kekeyi menitikkan air mata dan minta maaf. “Maaf kalau lagu tersebut ada kemiripan dengan ciptaan Novi Umar yang dinyanyikan Rini Wulandari,” ujarnya sambil menyusut air mata.

Sebagaimana diketahui, pasca ‘Keke Bukan Boneka’ terlaris di YouTube, prokontra mengemuka karena lagunya mirip dengan ‘Aku Bukan Boneka’ yang dibawakan Rini.

Saat diwawancara Anji, Kekeyi bersikukuh lagu itu berdasar pengalaman hidupnya ketika di ambang putus. “Mantan terdahulu bilang, ‘Keke bukan boneka’ hingga menginspirasiku membuat lagu,” ujarnya.

Mantan personel Drive itu membenarkan Kekeyi dan orangtuanya minta bantuan untuk urusan copyright karena yang bersangkutan tak mengerti sama sekali, tapi tak dilaksanakan karena belum ada surat kuasa. "Saya baru memberi penjelasan tentang harus bagaimana. Tapi hari ini dengar kabar lagunya di-take down," tulis Anji.

Pria yang melahirkan sejumlah hit tersebut mengaku membantu bukan karena Kekeyi tapi soal hak cipta yang kerap dihadapi musisi.
Terpisah, Rini mengatakan YouTube mencopot video tersebut di luar wewenangnya karena semua urusan pada Sony Music dan Novi Umar selaku pemilik hak cipta ‘Aku Bukan Boneka’ yang dirilis tiga tahun lalu.

‘Keke Bukan Boneka’ hingga Rabu ditonton lebih 21 juta kali. Posisi video berdurasi 3 menit 25 detik itu masih teratas mengungguli ‘Sour Candy’ hingga beroleh prokontra.

Agoes Perdana menilai Kekeyi mahir melihat peluang. “Trending itu adalah pencapaian,” tulis mantan Ketua AJI Medan yang baru menyelesaikan pendidikan di Amerika Serikat itu.

Wartawan dan fotografer senior Irsan Mulyadi melihat, gelombang anomali di media sosial ditandai simpati dan antipasi pada Kekeyi serta Ferdian Paleka. “Urusan selera dan kualitas musik, nomor kesekian,” tulis pria berambut gondrong pengoleksi segudang penghargaan nasional tersebut. (T/R10/f)
T#gs Copot VideoKekeyiyoutubehiburan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments