Senin, 21 Okt 2019

Victor Gulo Komit Lestarikan Seni Etnik

admin Senin, 19 Agustus 2019 13:32 WIB
Victor Gulo
Lubukpakam (SIB) -Victor Agus Setiawan Gulo komit melestarikan senit etnik. Dalam diri pengurus Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) tersebut mengalir dua darah dari wilayah berbeda yakni Nias dan Simalungun tapi ia berharap semua komponen bangsa, khususnya yang memiliki akses, untuk sama-sama menggali kearifan lokal bersumbu dari seni budaya etnik. "Sama-sama kita saksikan, budaya pop dari luar Indonesia menganeksasi ke Tanah Air. Jika budaya etnik tidak dilestarikan, maka kemandirian dari sisi budaya Nusantara, perlahan tapi pasti, tergerogoti hingga mungkin tidak berbekas," ujarnya Minggu (18/8) didampingi Sekretaris GAMKI Deliserdang Pbs Hamonangan Sinaga SPd.

Dengan pemikiran itu, Victor ngotot agar kegiatan yang beraroma kedaerahan terus digalakkan. Hal serupa diharapkan muncul dalam Musyawarah Nasional (Munas) V Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (Himni) pada 23-25 Agustus 2019 di Forest Hotel, Bogor, Jawa Barat. "Secara organisasi, memilih kepengurusan tapi muatannya atau rekomendasi yang dikeluarkan Himni diharap mendukung dan memberi peluang lebih maksimal pada kesenian etnik Nias," harapnya. "Jadi, dari sisi organisasi Himni konsolidasi pribadi individu tapi outputnya adalah menjayakan warisan leluhur. Artinya, calon pimpinan Himni ke depan harus komit dan memahami industri etnik berbasis kearifan lokal Nias. Pemahaman itu untuk mendukung pelestarian warisan leluhur yang didekatkan era digital," tegasnya.

Ia mengusulkan rekomendasi tentang pelestarian seni etnik tersebut menjadi bagian terpenting dalam pesta demokrasi ala warga Nias. "Selain itu, kaum milenial Nias pun diharapkan dilibatkan lebih maksimal," tambah Victor sambil mengatakan nantinya pihaknya mengusulkan hal tersebut dan memerjuangkan isu dimaksud.

Menurutnya, warga Nias yang ada di rantau, termasuk dirinya, menginginkan akulturasi seni budaya etnik berjalan maksimal hingga melahirkan hal baru yang kekinian. "Kaum milenial kan butuh hal baru dalam maksud menarik minat," tutupnya. (R9/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments