Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Hiburan
  • TV AS Tayangkan Aksi Selebritis Inggris Olah 200-an Varian Rendang Nusantara

TV AS Tayangkan Aksi Selebritis Inggris Olah 200-an Varian Rendang Nusantara

Jumat, 03 Juli 2020 18:25 WIB
Foto: Dok/Istagram

TV AS Tayangkan: Gordon Ramsay mengolah bumbu untuk memasak rendang dan ditayangkan dalam National Geographic agenda ‘Uncharted’ di televisi Amerika Serikat. 

Washington DC (SIB)
Televisi Amerika Serikat (AS) menayangkan aksi selebritas Inggris yang mengolah satu dari 200-an varian rendang yang ada di Nusantara. National Geographic, stasiun tv internasional mengambil Sumatera Barat ebgai tayangan khusus dalam agenda ‘Uncharted’ yang mengulik kearifan lokal makanan suatu negara.

Acara ditangani Gordon Ramsay, yang terkenal sebagai koki yang galak dalam acara televisi ‘Hell’s Kitchen’. Hal-hal menonjol ditampilkan adalah tradisi Makan Bajamba atau makan bersama ala Minangkabau, bersama masyarakat Tanah Datar.

Selebritis Inggris itu dalam menggarap mata tayangan didampingi William Wongso, koki sekaligus pakar kuliner legendaris Indonesia, yang tengah berjalan memasuki Istana Pagaruyung.

Selain kuliner, Gordon pun mengenakan busana khas setempat. “Dipilih rendang karena sudah mendunia,” cerita Wongso seperti diberitakan VoaIndonesia.Com, Kamis (2/7).

Gordon bukan baru mengenal rendang. Ia pernah syuting hal serupa di Malaysia. Untuk memastikan rendang asli Indonesia, sang selebritas diajak blusukan ke pasar tradisional untuk mencari sekitar 12 rempah yang akan digunakan untuk memasak rendang. Ia pun rela mengulek sendiri rempah-rempah yang dibelinya di pasar.

Bahkan sampai meminjam kompor pedagang di pasar itu, untuk mulai memasak bumbu dengan unsur kearifan lokal. Seperti memasak menggunakan tungku dan arang. “Siapa tahu dia akan menggunakan beberapa elemen rendang itu, mungkin rasa dan bumbu, diaplikasikan dalam masakan di restorannya di London,” harap Wongso.

Bersamaan makan bersama, kedua koki internasional itu naik turun Istana Pagaruyung. Gordon juga ikut memerah susu kerbau yang kerbau (nya) terlalu pendek buat ukurannya. Akibatnya, kotoran kerbau semua terempas ke badannya.

Tayangan itu pun menampilkan balap sapi tradisional, Pacu Jawi di Tanah Datar untuk mendapatkan daging sapi yang enak.

Hal istimewa lainnya, Gordon mencoba durian. Ade Putri Paramadita, pemandu Gordon di Indonesia, berupaya meyakinkan Gordon, yang awalnya tampak enggan, untuk mencoba buah khas Asia Tenggara tersebut. Meski semula menolak tapi kemudian menikmati. Gordon justru lebih tertarik pada lemang dan aia kawa yang juga disajikan bersama durian.
Aia kawa adalah minuman teh yang terbuat dari daun kopi khas Sumatera Barat.

Untuk syuting acara tersebut menghabiskan waktu 12 hari di Sumatera Barat dengan menyusuri berbagai tempat di Bukit Tinggi, Sungai Jambu, hingga Istana Pagaruyung. (T/R10/p)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments