Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Sumut Tuan Rumah Festival 6 Dimensi Kearifan Lokal

Sumut Tuan Rumah Festival 6 Dimensi Kearifan Lokal

admin Kamis, 11 Juli 2019 14:00 WIB
Alchia Amanda Putri
Samosir (SIB) -Festival Literasi Nasional - Danau Toba dimulai Kamis (11/7). Dalam kegiatan yang dikenal dengan festival 6 dimensi literasi itu kali ini dipusatkan di Desa Tomok, Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.

Public Relation Manager Gramedia Rezza Patri Wibowo melalui Public Relation Alchia Amanda Putri menjelaskan, Rabu (10/7), kegiatan yang diadakan hingga Sabtu (13/7) tersebut adalah putaran keenam dengan mengkait 6 dimensi literasi yakni baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial dan budaya/kewargaan yang ditransformasikan sesuai kehidupan milenial yakni bersentuhan dengan digital.

Festival sebelumnya diadakan di Surabaya, Yogyakarta, Lombok Utara, Banyumas dan Padang Panjang. "Tahun ini, Gramedia mengajak masyarakat dan komunitas baca pemenang Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2016 (Alusi Tao Toba) dan 2018 (Rumah Baca Bakau dan Rumah Baca Lembah Sibayak), serta taman baca di sekitar Danau Toba," tambah mantan jusnalis televisi tersebut.

Terkait hal itu, diadakan serangkaian kompetisi baik sifatnya literasi modern maupun tradisional dalam maksud mengangkat kearifan lokal. "Dalam pembukaan, ada tarian Toba dan menyanyi dari komunitas taman baca secara kolosal," tambahnya.

Terkait dengan kehidupan digital, jelas Alchia, diadakan pelatihan dan praktik kecerdasan emosional guna menangkal dan menanggulangi hoax. "Massa diarahkan penulis dan pegiat literasi Maman Suherman. Soal kearifan lokal di sekitar Danau Toba, ada workshop pembuatan tenun ulos," jelasnya sambil menegaskan partisipasi warga setempat diadakan karnaval oleh perahu-perahu rakyat tapi muaranya adalah literasi. "Titik start dan finish Lopo Hotel Internasional di Tomok yang akan bertemu dengan kontingen jalan kaki di Bukit Beta. Puncaknya adalah membaca bersama secara serempak."

Ia mengatakan, meski muara kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa dan melibatkan sejumlah pesohor namun kegiatan gratis. (T/Ant/R9/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments