Kamis, 09 Jul 2020
  • Home
  • Hiburan
  • Robert Sitompul dan KIB Lestarikan Lagu Etnik

Robert Sitompul dan KIB Lestarikan Lagu Etnik

redaksi Selasa, 14 Januari 2020 20:39 WIB
Foto: SIB/Dok
Robert Sitompul - KIB: Broadcast Robert Sitompul (memakai busana etnik) bersama Ketua KIB Capt Tagor Aruan, Maslen Sinaga dan Eddin Sihaloho.
Medan (SIB)
Setiap hari, minimal 3 jam, Robert Sitompul memutar lagu Batak bagi pendengar radio. "Hanya di chanel itulah khusus memperdengarkan lagu etnik," ujar pria dengan ribuan pengikut aktif di akun media sosialnya, di jeda Syukuran Tahun Baru Komite Independen Batak (KIB) awal Januari 2020.

Sebelum mengudara di Kordopa 99,4 FM, selama hampir 30 tahun Robert Sitompul berkutat dengan lagu-lagu etnik Tanah Air. "Tetapi, untuk lagu berkaitan dengan Bangso Batak di gelombang radio sekarang," ujar broadcasting senior tersebut didampingi sejumlah tokoh muda Batak seperti Jhon Tulus Sitompul.

Menggandeng sejumlah individu yang punya komitmen dalam melestarikan warisan leluhur, Ketua KIB Capt Tagor Aruan menyinerjikan potensi dalam upaya memperkokoh kebersamaan. "KIB ingin mencari dan menggabungkan pribadi individu yang komitmen menjayakan Batak demi Indonesia," ujarnya didampingi Sekretaris Maslen Sinaga dan Bendahara Eddin Sihaloho SE.

Capt Tagor Aruan melihat potensi besar Bangso Batak sangat memungkinkan sebagai panutan untuk menjayakan NKRI. "Bangso Batak yang terdiri dari ragam puak memiliki potensi sangat memungkinkan dimanfaatkan bagi bangsa dan negara!"

Ia menunjuk keteladanan para tokoh di masa lampau yang memiliki sifat parbahul-bahul na bolon, parhata oloan dan parhata siat jala pamonari. "Semangat tersebutlah yang harus dirawat generasi muda. Filosofi Bangso Batak itu terdapat dalam nafas warisan leluhur termasuk dalam lagu. Peran orang muda seperti Robert Sitompul sangat diharapkan," tambahnya.

Menurutnya, di era Revolusi 4.0, peran orang muda khususnya milenial menentukan kejayaan selanjutnya. Itu sebabnya KIB berharap generasi penerus berperan aktif. "KIB sedang menabulasi para tokoh Batak yang telah mengabdi sesuai potensi masing-masing demi kejayaan bangsa," simpul Capt Tagor Aruan. (R9/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments