Sabtu, 11 Jul 2020
  • Home
  • Hiburan
  • Petisi Online Tuntut Copot Mahkota Miss Universe

Pasca Komentar Rasis George Floyd

Petisi Online Tuntut Copot Mahkota Miss Universe

Kamis, 04 Juni 2020 19:25 WIB
Foto Dok/Samantha Katie James

Samantha Katie James 

Los Angeles (SIB)
Miss Universe Malaysia 2017 Samantha Katie James mencuit di akunnya. Kasus pembunuhan yang membuat George Floyd meninggal dinilainya sebagai kemenangan warga kulit hitam. Cuitan itu langsung mengundang kontra. Rabu (3/6), perempuan yang pernah berakting di industri kreatif Indonesia itu minta maaf tapi warga AS tak terima.

Di dunia maya, menyeruak sejumlah tuntutan agar mahkota yang disematkan pada Samantha dicopot. Lebih dari 21.000 orang yang menandatangani petisi di Change.org menuntut gelar Miss Universe dianulir dari perempuan yang kini berusia 25 tahun tersebut. "Ketidaktahuannya dan kurangnya kesadaran diri dan hak istimewa tidak mencerminkan gelar Miss Universe Malaysia dan dengan petisi ini kami berharap ia akan kehilangan gelarnya," seperti tertulis di petisi itu.

MUMO, organisasi kecantikan di Malaysia menegaskan apa yang dilakukan Samantha bukan mewakili organisasi namun masih belum memuaskan publik. "Jika mereka mengutuk keras semua tindakan rasisme dan prasangka, mereka akan mencopot mahkota dan gelarnya. Melucuti mahkota dan gelar James akan menjadi contoh bahwa organisasi Anda tidak akan mentolerir segala bentuk prasangka baik pemenang masa lalu, sekarang atau masa depan," kata petisi seperti disiarkan ViVa.Co.Id.

The Strait Times memberitakan, perusahaan kosmetik Velvet Vanity memutus hubungan kerja sama dengan sang ratu. "Setiap posting yang menampilkan (James) dibuat sebelum kasus ini dan kami tidak berafiliasi dengannya lagi. Sebagai sebuah merek, kami mendukung #blacklivesmatter dan kami tidak akan pernah mengaitkan diri dengan perilaku rasis dengan cara apa pun," baca pernyataan itu tulis Velvet Vanity. (T/R10/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments