Kamis, 14 Nov 2019
  • Home
  • Hiburan
  • PARFI Sumut Lestarikan Mandar dan Ulos Tenun

PARFI Sumut Lestarikan Mandar dan Ulos Tenun

Admin Senin, 26 November 2018 20:15 WIB
Medan (SIB) -Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Sumut Dra Murniati Tobing MSi menginisiasi gerakan pelestarian mandar (kain) etnik asli Tapanuli dan ulos tenun. Gerakan yang sejak dua tahun belakangan disosialisasikannya itu akan dilakukan lebih masif dan melibatkan ragam pihak. "Saya haru dan sedih karena sebagian besar kids era now apalagi yang di luar Sumatera tak mengenal kain tradisional kebanggaan masyarakat tersebut," paparnya di USU Medan, Sabtu (24/11).

Ia mengatakan, baik sebagai pribadi maupun bersama para pekerja seni, pihaknya menyiapkan program dan langkah-langkah terpadu serta berkelanjutan untuk mengangkat mandar Balige agar lebih dikenal masyarakat Indonesia bahkan dunia sebagai produk unggulan khas daerah atau kearifan lokal.

Menurutnya, ketika melakukan studi ke sentra partonun ulos dan mandar, produksi sandang Tapanuli tersebut dapat menggerakkan perekonomian bahkan mejadi satu produk unggulan etnik yang mengandung kearifan lokal. "Dengan terangkatnya kain khas Balige tersebut, tentu berimbas kepada daerah itu sendiri dan perekonomian masyarakat setempat, terutama para perajin," tambahnya.

Murni menerangkan, untuk menarik perhatian publik, mandar tersebut akan dimodifikasi dengan desain-desain unik dan berkelas. Mandar tersebut juga akan dijadikan pakaian, celana, jas dan sebagainya. "Sebagai pribadi, sudah berkoordinasi dengan Indah Derry, seorang desainer. PARFI pun berharap mandar Balige lebih banyak dipakai dalam iven nasional maupun internasional," ujar perempuan yang meraih predikat cumlaude di pascasarja USU tersebut. "Para modeling dan artis Parfi memakai mandar yang sudah dimodifikasi tersebut!"

Murni bersyukur, rencana mulianya itu mendapat sambutan dan dukungan dari beberapa pihak. "Sangat ideal bila Gubsu Edy Rahmayadi dan kepala daerah di sekitar Danau Toba mengenakan busana khas etnik," harapnya. (R10/h)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments