Kamis, 18 Jul 2019
  • Home
  • Hiburan
  • New York Pamer Alat Musik dan Busana Berusia 80 Tahun dari Pesohor Dunia

New York Pamer Alat Musik dan Busana Berusia 80 Tahun dari Pesohor Dunia

admin Selasa, 09 April 2019 13:42 WIB
SIB/Dok
GITAR PESOHOR: Sebagaian gitar para pesohor dunia yang dipamer dalam Play It Loud: Instruments of Rock & Roll.
New York (SIB) -Play It Loud: Instruments of Rock & Roll digelar Senin (8/4), hingga 1 Oktober 2019. Dalam kegiatan langka itu dipamerkan sejumlah alat musik dan busana dari sejumlah pesohor dunia. Ekshibisi tersebut menampilkan lebih dari 130 alat musik dari 1939 hingga 2017. Alat-alat milik pesohor dunia itu antaranya milik Chuck Berry, Eric Clapton, Prince, Joni Mitchell, Bob Dylan, Keith Richards, Bruce Springsteen dan Elvis Presley.

"Ini adalah selebrasi inovasi, dari sisi alat dan sentuhan artistiknya," ujar Direktur Museum Metropolitan Max Hollein.

Belum digelar namun penyelenggara sempat mendapat kecaman lantaran teaser awal ekshibisi menampilkan hanya satu musisi perempuan dari sekitar 80 artis. "Pada 1950-an dan 1960-an, bahkan setelahnya, tak banyak perempuan menjadi personel band rock. Kalaupun ada, sebatas vokalis. Itu alasan tak banyak perwakilan perempuan di sini," kata Dobney, kurator pameran sambil menunjuk musisi perempuan terlibat seperti Patti Smith dan Lady Gaga-pianonya yang futuristik.

Gitaris Don Felder dari The Eagles berkesempatan tampil solo saat media preview, 1 April lalu. Jemarinya dengan lincah memainkan senar gitar, membawakan kunci-kunci yang rumit dari hits mereka, Hotel California. "Setelah kali pertama ke sini saat usia 20-an, adalah kehormatan besar bagi saya bahwa 50 tahun kemudian gitar saya digantung di sini," kata Felder seperti disiarkan HarNas.co.
Max Hollein memastikan, pameran yang diadakan bekerjasama dengan Rock & Roll Hall of Fame yang berbasis di Cleveland itu digelar untuk merayakan inovasi instrumen dan artistik yang luar biasa. (T/R10/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments