Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Manunggal dengan Rakyat, TNI AD Gelar Festival Musik Jalanan

Manunggal dengan Rakyat, TNI AD Gelar Festival Musik Jalanan

admin Selasa, 18 Juni 2019 16:32 WIB
SIB/Dok
FESTIVAL : Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait Festival Musik Jalanan di Mall Living World Alam Sutera, Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang Selatan.
Jakarta (SIB) -Sebagai bentuk kemanunggalan dan kepedulian pada musisi dan seniman jalanan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) menggelar Festival Musik Jalanan di Mall Living World Alam Sutera, Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang Selatan, 17-18 Juni 2019.

Saat membuka Festival Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi menjelaskan bahwa acara merupakan suatu bentuk komunikasi sosial (Komsos) kreatif TNI AD pada masyarakat, khususnya musikus dan seniman jalanan dan juga sebagai bukti kemanunggalan dengan rakyat. "Kita berupaya mengangkat kreativitas para seniman jalanan lewat wadah acara hiburan sekaligus lomba, sehingga masyarakat umum bisa melihat potensi yang mereka miliki dan dapat mengapresiasinya," katanya di Jakarta, Senin (17/6).

Ia menegaskan, musik bisa menjadi instrumen untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam, serta menjadi sarana untuk menguatkan kerukunan dan keharmonisan. "Oleh sebab itu, mari kita jadikan festival ini sebagai momentum pembinaan mentalitas generasi muda dan memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan," ajaknya.

Latar belakang digelarnya festival, katanya berangkat dari pengamatan banyaknya bakat musik yang ada pada seniman jalanan dan sejalan dengan program Komsos Kreatif Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad), sehingga TNI AD bekerja sama dengan Pemda dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dalam menyelenggarakan festival. "Mudah-mudahan acara ini bisa mengangkat musik jalanan, membina dan menggali potensi seniman serta kemampuan masyarakat agar dapat menumbuhkan ekonomi kreatif, serta memajukan kesejahteraan mereka," terangnya.

Mengenai kemungkinan festival ini digelar dalam skala nasional, jenderal bintang dua itu mengatakan penyelenggaraannya akan berskala daerah dulu, namun kelak tak menutup kemungkinan akan diadakan dalam skala nasional.

Untuk menjamin objektivitas penilaian, sambungnya, juri lomba dari DKJ, yaitu, Irawan Karseno, Anusirwan MSn dan Mohamad Ichlas.

Hari pertama festival diisi dengan penampilan tari dan persembahan lagu dari bintang tamu seniman jalanan Pujiono dengan lagunya yang populer "Manisnya Negeriku", serta proses penjurian 30 peserta dalam babak penyisihan. Selasa (18/6) dijawalkan para peserta yang lolos babak penyisihan akan memasuki babak final dan sekaligus diumumkan nama-nama pemenang lomba, berikut penyerahan hadiah, dan acara penutupan.

Selain Aster Kasad, hadir Waaster Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, Paban IV/Komsos Ster TNI, Danrem 052/Wkr Kodam Jaya, Paban IV/Komsos Spotmar TNI AL, Paban IV/Komsos Spotdirga TNI AU, perwakilan dari Pemda Tanggerang dan para tamu undangan serta masyarakat. (J02/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments