Kamis, 21 Feb 2019

Lukisan Asli Adolf Hitler Mulai Dilelang

admin Jumat, 08 Februari 2019 14:58 WIB
Ilustrasi
Berlin (SIB) -Lebih dari 30 lukisan dan gambar bertanda 'A. Hitler' yang diduga merupakan buah tangan seorang Adolf Hitler akan dilelang di Jerman pada Sabtu (9/2). Karya seni tersebut dipastikan asli dari sang 'penguasa dunia' pada era Perang Dunia II tersebut.
Masalahnya, beberapa saat lalu, kepolisian Berlin - Jerman memublikasikan bahwa tiga lukisan cat air yang dipresentasikan sebagai karya Hitler adalah palsu, beberapa saat sebelum lelang diadakan di Berlin.

Mengenai karya-karya yang bakal dilelang itu, mulai dari lukisan cat minyak kegiatan pastoral sampai sketsa wanita telanjang, akan dijual di Rumah Lelang Weidler. Situs resmi mereka menyebutkan nanti juga ada 'lelang spesial'. Berbagai karya tersebut, yang mempunyai banyak variasi dan medium, ditandai atau memiliki monogram 'A. Hitler'.

"Barang-barang ini datang dari Austria, atau kepemilikan privat di Eropa, kebanyakan dari para pesohor Reich Ketiga (Jerman Nazi), atau pewaris, atau kolektor," ujar katalog terkait seperti disiarkan CNNIndonesia.com, Kamis (7/2).

Menurut surat kabar lokal Nurnberger Nachrichten, pelelangan dibuka dengan harga bervariasi, mulai dari $150 atau sekitar Rp2 juta untuk sketsa yang dibuat dari arang berjudul Weinberg Monastery, sampai $51 ribu atau sekitar Rp715 juta untuk lukisan cat air bertitel Ortschaft an Vorgebirgssee bergambar sebuah desa dekat danau di gunung.

Hitler diketahui pernah mencoba masuk sekolah seni Vienna Academy of Arts saat muda, namun ditolak karena 'kurangnya talenta'. Bagaimanapun, ia diketahui terus menggambar, bahkan pernah mengkopi gambar pemandangan dari kartu pos yang lantas dijualnya kepada para turis.Pada 2015 silam, lukisan cat air Hitler yang dilelang ditebus dengan harga US$452 ribu atau setara Rp6,2 miliar. (T/R10/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments