Kamis, 13 Agu 2020
  • Home
  • Hiburan
  • Lomba Membuat Komik Anti-Hoax dan Cerita Daerah

Lomba Membuat Komik Anti-Hoax dan Cerita Daerah

Senin, 11 Juni 2018 19:07 WIB
Antonius Tumanggor
Medan (SIB) -Penerbit Bina Media Perintis Medan menyelenggarakan sejumlah lomba literasi sastra dan sastra pop. Ragam lomba itu di antaranya Menulis Novel, Menulis Cerita Anak, Menulis Cerita Pendek, Menulis Cerita Daerah dan Menulis Komik.

Manajer Operasional Bina Media Perintis Jalan Setia Budi Tanjungsari Medan Antonius Tumanggor mengatakan, kegiatan ragam lomba dimaksud terkait dengan program literasi sastra yang diadakan pihaknya dalam maksud menggelorakan semangat gemar membaca dan antihoax. "Budaya lisan di Indonesia sangat kuat, tiba-tiba digempur dengan teknologi digital yang menyuburkan sosial media. Kemudian diingarbingarkan dengan kabar tak benar, hoax. Hal tersebut harus dibreidel dengan cara menumbuhkan minat baca dan budaya menulis sehat tanpa mengurangi kekritisan," ujarnya didampingi novelis Hendra Maringga, politisi muda Felix Sidabutar di Convention Hall Bina Media Perintis, Jumat (8/6).

Hendra Maringga memastikan, lomba berlangsung fair dalam pengertian mencari yang terbaik tanpa ada intervensi subyektif.

Antonius mengatakan, untuk tahap awal, lomba menyertakan kompetisi lima item.

Cerita Pendek
Terbuka untuk umum dengan tema terkait nasionalisme, pendidikan, dan kekeluargaan (bernuansa nasional). Naskah harus asli dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya.

Panjang karya 4-5 halaman A4 (plus gambar ilustrasi), spasi 1,5, huruf Times New Roman, ukuran 12. Lomba berakhir 1 Agustus 2018 dan pemenang diumumkan 25 Oktober 2018.

Cerita Daerah
Tema cerita bebas tapi bernuansa nasional. Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya dan harus asli karya penulis.

Panjang karya 4-5 halaman A4 (plus gambar ilustrasi), spasi 1,5, huruf Times New Roman, ukuran 12. Cerita daerah yang dituliskan harus berdasarkan cerita dari provinsi asal penulis. Cerita harus disertai gambar ilustrasi dalam bentuk JPEG. Lomba berakhir 1 Agustus 2018 dan pemenang diumumkan 25 Oktober 2018.

Menulis Komik
Lomba terbuka untuk umum dengan tema komik bebas (bernuansa nasional). Naskah harus asli dengan panjang karya 170 - 200 halaman A4 (plus gambar ilustrasi), spasi 1,5, huruf Times New Roman, ukuran 12, terdiri dari beberapa bab/bagian, orientation potrait. Setiap bab/bagian harus disertai gambar ilustrasi (gambar dikirimkan terpisah dalam bentuk JPEG).

Lomba berakhir 7 September 2018 dan pemenang diumumkan 30 November 2018.

Seluruh peserta wajib membuat surat pernyataan yang dapat diunduh di website Bina Media Perintis: binamediaperintis.net dan naskah dikirimkan ke e_mail: [email protected] (T/Rel/R10/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments