Senin, 16 Des 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Leonardo DiCaprio Bantah Tuduhan Presiden Brasil Bakar Hutan Amazon

Leonardo DiCaprio Bantah Tuduhan Presiden Brasil Bakar Hutan Amazon

redaksi Senin, 02 Desember 2019 15:14 WIB
Medcom.id
Leonardo DiCaprio
Rio Dejnairo (SIB)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Jumat (29/11) menuduh bintang Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon. Tudingan berdasar unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan 500.000 dolar AS dari DiCaprio. WWF membantah sumbangan aktor Hollywood tersebut. Tetapi, aparat setempat menangkap empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do Chão Fire Brigade pada Selasa. Polisi menuduh mereka sengaja membakar untuk mendokumentasikan kebakaran agar bisa mendapat lebih banyak sumbangan. Mereka dibebaskan pada hari Kamis atas perintah hakim.

Politisi dan LSM lainnya mengritik penangkapan tersebut dan mengatakan langkah dimaksud adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk mengkerdilkan kelompok-kelompok lingkungan. Bolsonaro, lappor Tempo.Co, Minggu (1/12), telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.

Sebelumnya, via Facebook pada 21 Agustus, DiCaprio menulis, semuanya menunjukkan bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk membakar hutan. Ketika ditanya kemudian apakah dia memiliki bukti untuk mendukung klaimnya, Bolsonaro mengatakan ia tidak memiliki bukti. (T/R9/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments