Jumat, 24 Mei 2019

Kulit Hitam Dominasi Box Office Global

admin Minggu, 31 Maret 2019 20:18 WIB
Los Angeles (SIB) -'Us' berada di puncak box office dunia. Film horor itu mengungguli 'Captain Marvel'. Lewat sutradara Jordan Peele, film yang dibintangi Lupita Nyong'o itu mendapatkan 71,1 juta dolar AS atau Rp1 triliun hanya dalam sepekan ditayangkan. Hasil tersebut menjadikan 'Us' menjadi debut film horor terbaik ketiga di belakang 'It', yang menghasilkan 123,4 juta dolar AS atau Rp1,7 triliun pada September 2018 dan 'Halloween' yang menghasilkan 76,2 juta dolar AS atau Rp1 triliun selama tayang Oktober tahun yang sama.

Keberhasilan 'Us' didahului 'Get Out'. Kedua film itu didominasi pemain kulit hitam. Kebanyakan, film horor, diberikan pada bintang kulit putih. Jarang kulit hitam sebagai peran utama.

Nyong'o sebelumnya berhasil meraih Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik karena akting gemilangnya di film ཈ Years A Slave'. Terlepas dari prestasi dimaksud, Peele tak punya rencana memboyong pria kulit putih sebagai peran utama di film-film yang ia garap. "Menurut saya, saya perlu memasukkan orang-orang kulit hitam di dalam film saya," katanya seperti disiarkan CNNIndonesia.Com, Jumat (29/3).

Peele merasa beruntung karena terbukti sukses dengan dua film didominasi pemain kulit hitam. "Saya dapat berkata kepada Universal [rumah produksi Universal Studios], 'Saya ingin membuat film horor dengan biaya 20 juta dolar AS dengan 'keluarga' kulit hitam saya' dan mereka akan mengatakan ya," tegasnya sambil mengatakan bukan tidak suka kulit putih, tapi film seperti itu sudah banyak.

Membuat film sukses yang didominasi pemain kulit hitam, Peele merasa seperti memasuki masa 'renaissance'.

Tak memungkiri, sebelum filmnya keluar, Peele sempat merasa khawatir. Apalagi di 'Get Out', karakter kulit putih justru dijadikannya tokoh antagonis. "Setiap dua pekan sekali saya akan bertanya-tanya, 'Apa yang saya lakukan? Saya menulis film tentang pria kulit hitam yang menjadi korban dan seluruh orang kulit putih adalah jahat dan saya mencoba mengharap para penonton menyukainya,'" ungkapnya.

'Get Out' menghasilkan lebih dari 255 juta dolar AS dengan modal 5 juta dolar AS. Dengan kebijakan 'mengutamakan kulit hitam' itu, artinya Peele tidak akan memberi peran pada sang istri, Chelsea Peretti di dalam filmnya. Istri Peele, mengutip Ace Showbiz, diketahui berkulit putih. (T/R10/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments