Minggu, 22 Sep 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Komikus Iskandar Salim Ingin Indonesia Damai

Pasca Viral Jokowi dan Prabowo Nonton 'Avengers: Endgame'

Komikus Iskandar Salim Ingin Indonesia Damai

admin Rabu, 15 Mei 2019 15:34 WIB
Jakarta (SIB) -Iskandar Salim inginkan Indonesia damai. Komikus yang memiliki akun @komikfaktap itu mengaku menggambar sesuatu tentang Pilpres dan juga film 'Avengers: Endgame'.

Sebagaimana diketahui, ilustrasi Salim viral. Dalam sketnya, Jokowi dan Prabowo, serta sederetan petinggi pemerintahan dan tokoh dominan dalam pilpres 2019 tengah bersama-sama nonton 'Avengers: Endgame'. Di barisan itu terlihat sosok Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Sejumlah tokoh pun ada seperti mantan Presiden Megawati dan SBY, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Surya Paloh, Rhoma Irama bahkan tokoh lain.
"Menurut saya seharusnya ya sudah, di puncaknya pas pilpres itu. Seharusnya ya kita agak cooling down-lah. Maksudnya di balik semua pertentangan yang ada, kubu-kubuan yang ada, pada dasarnya sebenarnya kan kita juga sama-sama Indonesia," tambah komikus kelahiran tahun 1974 itu seperti disiarkan VOAIndonesia.com.

Iskandar mengibaratkan jika dalam film Avengers biasanya ada seruan "Avengers Assemble" dari Captain America saat mau mempersatukan teman-temannya, ilustrasinya ini memiliki makna yang sama. "Menurut saya Indonesia juga assemble gitu, bergabung lagi," katanya.

Pria yang mulai terjun ke dunia komik tahun 2015 itu mengatakan, ilustrasi ini banyak mendapat komentar dan sambutan yang positif dari orang-orang yang memiliki pikiran yang sama dengannya mengenai suhu politik di Indonesia saat ini. "Ini 'ngademin' gitu kan, mengajak untuk ya sudahlah, kita sudah sama-sama capek, juga sama-sama Indonesia. Sudahlah. Saya melihat beberapa komentar dan yang lika juga datang dari masing-masing kubu juga," ujar lulusan S1 Universitas Trisakti jurusan Desain Komunikasi Visual tersebut.

Pesan yang juga ingin disampaikan oleh Iskandar melalui ilustrasi ini adalah agar kedua kubu yang 'sama-sama satu Indonesia' dapat tetap kompak, seperti halnya Jokowi dan Prabowo yang tengah duduk dan menikmati nonton bersama. "Seperti saya tulis di caption juga kan hidup itu nggak cuman Pilpres. Masih banyak hal-hal lain yang harus kita pikirkan juga," tambahnya.

Akun @komikfaktap memang sering mengeluarkan ilustrasi yang berhubungan dengan isu terkini, terutama di Indonesia. Selain ilustrasi "Indonesia Assemble" tadi, belum lama ini @komikfaktap juga mengeluarkan ilustrasi bertema aksi "People Power" yang tengah ramai dibicarakan.

Untuk ke depannya, Iskandar ingin terus berkarya. "Hopefully sih yang lebih positif juga sih, komik-komik yang lebih positif!" (T/R9/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments