Minggu, 20 Okt 2019
  • Home
  • Hiburan
  • Jadi Kontroversi, Finalis Miss India Berwajah Serupa

Jadi Kontroversi, Finalis Miss India Berwajah Serupa

bantors Sabtu, 12 Oktober 2019 15:55 WIB
SIB/Dok
MISS INDIA : Miss India 2019 Suman Rao dengan peraih gelar runner-up. Wajah finalis hampir sama.
Delhi (SIB) -Ajang pemilihan perempuan tercantik di India jadi kontroversi. Masalahnya finalis yang berpenampilan fisik hampir sama bahkan wajahnya nyaris serupa. Selain itu, kulitnya senada dengan orientasi cerah yang menjauh dari warna asli perempuan negeri dengan penduduk nomor dua terbanyak di dunia.

BBC News seperti dilaporkan Liputan6.Com, Jumat (11/10), mengemukakan protes netizen bahwa sebenarnya finalis adalah orang yang sama. Meski demikian, pemilihan tersebut memosisikan Suman Rao sebagai peraih mahkota Miss India.

Di Negara Sungai Gangga itu, kontes kecantikan menjadi perhatian dan impian perempuan. Sejumlah perempuan yang meraih gelar tersebut menjadi artis dunia. Sebutlah Priyanka Chopra. Selain meraih gelar Miss World 2000 juga kini menjadi artis Hollywood. Ada juga Aishwarya Rai dan Sushmita Sen.

Tiga tahun berturut-turut, perwakilan negara yang dikenal dengan obyek wisata Taj Mahal itu selalu masuk top di ajang ratu-ratuan global. Tahun 2017, Miss India Manushi Chhillar berhasil keluar sebagai pemenang.

Tetapi, ya itu tadi... perempuan India melakukan ragam hal untuk cantik. Kolase foto yang diterbitkan di surat kabar Times of India adalah milik kelompok penyelenggara kontes kecantikan tahunan, memaradekan 30 potret diri wanita cantik yang wajahnya serupa.

Uniknya, karakteristik peserta ajang Miss India itu sama: rambut mereka yang tertata, mengkilap, panjang sebahu, dengan warna kulit yang hampir identik.

Kontes kecantikan telah menjadi bisnis serius di India sejak pertengahan 1990-an. Selama bertahun-tahun, institusi yang melatih wanita muda yang bercita-cita untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan telah menjamur di seluruh negeri.

Tetapi sekali lagi, banyak dari kesuksesan terbesar mereka adalah wanita yang berkulit terang. Sejak 1970-an, krim pemutih menjadi salah satu yang paling laris di negara tersebut dan selama bertahun-tahun, aktor dan aktris Bollywood terkemuka muncul di iklan untuk mendukung persepsi "kecantikan" tersebut. (T/R9/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments