Minggu, 18 Agu 2019

Hiburan Etnik Paboras di Muara - Taput

admin Rabu, 19 Juni 2019 16:19 WIB
St Andar I Siburian
Muara, Taput (SIB) -Sejumlah artis dari keluarga besar Parsadaan Anak Boru Bere Siburian (Paboras) menghibur massa yang mengikuti mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) pada Jumat - Sabtu, 28 - 29 Juni di Huta Simatupang - Muara, Taput. Para artis tak semata memberi suasana rileks pada pengunjung yang diprediksi lebih dari 3.000 orang tapi dimaksudkan ikut melestarikan warisan leluhur serta mengisi industri kreatif di lingkungan Danau Toba.

Ketua Umum Paboras St Andar I Siburian SH MH melalui pesan singkatnya, Selasa (18/6), menjelaskan hal tersebut. "Rencana kerja Paboras yang diselaraskan dengan program pemerintah di bidang seni budaya, disejalankan dengan industri pariwisata. Jadi, pertemuan keluarga besar Paboras di bona pasogit pun untuk menyemangati dan memberi motivasi bahwa warisan leluhur dalam bidang adat-budaya harus dilestarikan. Industri pariwisata itu tak terlepas dari seni budaya. Di sanalah letak keunggulan komparatif kearifan lokal ketimbang seni pop atau seni lain dari luar," tambah pengacara populer itu.

Menurutnya, panitia yang diketuaumumi Sael Simatupang pun menggali budaya asal muasal Paboras. "Selain hiburan yang bersumbu pada budaya etnik, kegiatan yang diawali doa bersama dimaksudkan sebagai mempererat silaturahim dengan toktok ripe," jelasnya sambil menyebut Sael Simatupang sebagai ketua umum didampingi Sekretaris Umum Toddi Siburian dan Bendahara Umum Nurdin Siahaan.

Didampingi Sekretaris Umum Paboran Ir Agustenno Siburian MSi dan tokoh muda Sumut Binsar Simatupang SE MM, St Andar Siburian menjelaskan, program Paboras baik yang sedang berlangsung maupun dalam kepengurusan yang akan datang tetap memberi penekanan pelestarian warisan leluhur dan menyelaraskan dengan program pemerintah di industri pariwisata khususnya menguatkan rencana strategis menjadikan Danau Toba dalam destinasi unggul baru wisata Tanah Air. "Paboras berkewajiban menyukseskan dengan melestarika warisan budaya leluhur," jelasnya. (R9/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments