Minggu, 05 Apr 2020
  • Home
  • Hiburan
  • Desainer Athan Siahaan Rancang Masker Modis Dibagi Gratis

Desainer Athan Siahaan Rancang Masker Modis Dibagi Gratis

Kamis, 26 Maret 2020 19:52 WIB
Foto SIB/Dok

Athan Siahaan 

Jakarta (SIB)
Athan Siahaan mempersingkat perjalanan menggelorakan industri fashion Indonesia. Begitu sampai Jakarta dari perjalanan menjadi juri pencarian model muda Indonesia untuk dikirim ke manca negara, desainer asal onan di bona pasogit itu merancang masker. Tak sekadar menjahit tapi dirancangnya sesuai dunia fashion, warna - warni.

"Buat kalian yang benar-benar membutuhkan masker, khususnya di wilayah Jabodetabek, saya kasih free. Syaratnya, satu orang hanya diperkenankan satu unit. Tapi kalian bayar gosend sendiri," tulisnya, Rabu (25/3).

Sebelum mendonasikan rancangannya secara gratis, Athan Siahaan berulang kali menuliskan rasa kekesalannya karena mendapati harga masker yang mahal. Sebelum sampai di rumahnya di Jakarta, pria yang mendunia karena rancangan berbasis ulos itu memublikasi rancangan masker dari sket tangannya. "Ini ada rancangan modis. Bila masker mahal, jahit sendiri," tulisnya pada Sabtu (21/3). Waktu itu Athan Siahaan masih berada di Bali karena transit dari Sulawesi.

Bersamaan mendonasi, ia pun terus merancang busana berbahan ulos. Dari ragam iven dunia yang diikutinya, pengalaman terindah ketika menggelar busana di Moskwa, Rusia. Kala itu, modelnya yang sangat suka dengan busana dari ulos berbahan alami, tidak sedikitpun ada bahan kimia.

Yang lainnya, Athan Siahaan pun mengunjungi langsung partonun di kampung halaman. Semua jenis ulos dimodifikasinya jadi indah dan adibusana. Bahkan haen yang biasanya digunakan di acara kematian menjadi indah karena eksplorasi. "Ulos indigo (indigofera) menjadi fashion yang elegan," ceritanya seusai mempergelarkan busananya di Festival Payung Internasional di Kompleks Candi Prambanan.

Khusus masker, berbahan bukan dari ulos tapi motifnya dengan warna dasar. Ada merah, hitam dan putih tapi benar-benar modis. (T/R10/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments