Jumat, 19 Jul 2019

Aretha Franklin Raih Pulitzer 2019

admin Kamis, 18 April 2019 15:07 WIB
SIB/Dok
ARETHA FRANKLIN: Penyanyi soul Gladys Knight saat tampil di panggung dengan latar belakang foto besar Aretha Franklin di American Music Awards 2019.
New York (SIB) -Aretha Louise Franklin terpilih menerima Pulitzer 2019. Penetapan karena penyayi berkuit hitam itu berkontribusi memperkenalkan musik dan budaya Amerika selama lebih dari lima dekade.

Penyanyi, pengarang lagu dan pianis asal Amerika Serikat itu meninggal karena kanker pankreas tipe neuroendokrin pada 18 Agustus 2018 di rumahnya di Detroit.

Kepergiannya diratapi seluruh dunia. Ribuan orang menghadiri pemakamannya di Detroit. Franklin menjual jutaan album dan merupakan ikon satu generasi.

Franklin perempuan pertama yang menerima kehormatan. Selain kutipan khusus yang diberikan pada Senin untuk Franklin, Pulitzer juga memberikan penghargaan khusus kepada surat kabar Capital Gazette di Annapolis, Maryland, karena keberaniannya pada 28 Juni 2018 memberitakan penembakan yang menewaskan lima karyawan.

Franklin perempuan individu pertama yang mendapatkan hadiah khusus sejak penghargaan tersebut kali pertama diberikan pada 1930. "Aretha diberkati dan sangat disukai meski sudah meninggal. Dia terus menerima beberapa penghargaan. Sekarang mendapatkan Hadiah Pulitzer, itu luar biasa," kata Sabrina Owens, keponakan Franklin. "Aretha terus memberkati kita dengan musiknya dan hanya membuka jalan bagi perempuan untuk maju. Sangat mendebarkan. Dia akan sangat bahagia sekarang."

Ketika mendengar kabar Franklin memenangkan Pulitzer, Owens dan keluarganya terkejut. "Dia sangat berbakat dan berbakat. Dunia masih mengakui itu," katanya seperti disiarkan HarNas.co, Rabu (17/4).

Aretha menjadi ikon budaya dan kejeniusan lagu Amerika, yang dianggap oleh banyak orang sebagai vokalis populer terbesar di masanya. Suaranya melampaui usia, kategori, dan kehidupannya sendiri.

Franklin penyanyi profesional dan pianis ulung di pertengahan 20-an. Dibesarkan di Detroit, ia merekam ratusan lagu dan memiliki puluhan lagu tenar selama rentang setengah abad, termasuk 20 lagu yang mencapai puncak di tangga lagu R&B.

Dia menjual jutaan album dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk 18 Grammy, National Medal of Arts, dan Presidential Medal of Freedom, penghargaan kehormatan sipil tertinggi dari negara.

Ia juga tampil di pelantikan Presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan Jimmy Carter. Bahkan bernyanyi di pemakaman untuk pejuang perintis hak-hak sipil Rosa Parks dan pada penahbisan peringatan Martin Luther King Jr.

Rolling Stone menempatkan Aretha Franklin menduduki posisi puncak dalam daftar 100 penyanyi terbaiknya. Dia juga dinobatkan sebagai salah satu dari 20 penghibur paling penting di abad ke-20 oleh majalah Time. (T/R9/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments