Jumat, 06 Des 2019

5 Film Pengingat Tragedi 9/11

admin Rabu, 11 September 2019 14:14 WIB
SIB/Dok
Ground Zero: Dua petugas mengawal pengunjung di lokasi ground zero bekas lokasi berdirinya World Trade Center di New York City
New York City (SIB) -Sebelas September 2001 teroris menyerang jantung kota Amerika Serikat. Peristiwa yang dikenal dengan Tragedi 9/11 itu menjadi insiden paling memilukan di kehidupan modern karena korban jiwa hingga belasan ribu orang. Gedung kembar World Trade Center (WTC) di New York City berlantai 110 runtuh pasca ditabrak 2 pesawat yang dibajak.

Selain menara WTC, beberapa gedung rusak parah, di antaranya dua jembatan pejalan kaki, Deutsche Bank Building di 130 Liberty Street, 2 gedung World Financial Center, Fitterman Hall milik Borrough of Manhattan Community College dan The Pentagon di Arlington Country, Virginia.

Di bekas lokasi WTC dibangun monumen ground zero, yang dibuka pada 11 September 2011. Arsiteknya adalah Michael Arad dan Peter Walker dengan menyatukan simbol kepergian para korban dengan air terjun sebagai maksud 'mematikan' suara lalu lintas perkotaan New York, membuatnya menjadi tempat khusyu untuk berkontemplasi.

Plt Ketua Dewan P ertimbangan Gereja Pentakosta Pbs Robert D Siburian SE yang mengunjungi lokasi tersebut mengatakan, warga masih memanjatkan doa di lokasi yang sekarang sudah menjadi ruang terbuka tersebut. "Ada petak-petak berisi nama korban.

Pengunjung yang ingin berziarah, disediakan lokasi menancapkan tangkai bunga dan meletakkan lilin," ujar mantan bankir tersebut.
Selain mengenang korban tragedi 9/11, monumen juga didedikasikan untuk enam korban tewas bom di WTC pada 1993.
Tragedi tersebut pun diangkat sineas dalam film. Berikut nukilan karyanya:

Fahrenheit 9/11
Dengan format dokumenter, film yang dikerjakan 2004 tersebut menghebohkan. Michael Moore selaku sutradara sekaligus penulis, dinilai kontroversial karena menyudutkan langkah Presiden George W Bush dalam menangani terorisme dan perang Irak. Film mendapatkan penghargaan tertinggi Palm d'Or pada Festival Film Cannes ke-57 tahun 2004.

United 93
Film pendekatan dokumentasi yang bercerita mengenai detik-detik kejadian sebelum United Airlines 93, salah satu pesawat yang yang dibajak teroris ditabrakkan ke menara kembar WTC. Dikerjaan pada 2006 film diputar perdana di Festival Film Triberica yang berlangsung di New York City, 26 April 2006. Disutradarai Paul Greengrass, menjadi film Hollywood yang memusatkan perhatiannya terhadap tindakan teroris. Namun Motion Picture Association of America memberi peringatan karena beberapa adegan teror dan kekerasan yang mendalam di dalam tontonan tersebut.

World Trade Centre
Mengambil salah satu nama menara kembar yang runtuh akibat ditabrak pesawat teroris, film besutan sutradara Oliver Stone yang dirilis pada 2006 berkisah mengenai dua orang polisi PPAD (Department Policy Port Authority) yang terjebak dalam reruntuhan menara WTC.

Reign Over Me
Mike Binder selaku sutradara menyajikan sisi drama dari para keluarga dan korban tragedi tersebut. Dikerjakan tahun 2007 Adam Sandler membintangi berperan sebagai dokter gigi bernama Charlie. Ia frustasi karena kehilangan isteri dan ketiga putrinya dalam tragedi 9/11.

Extremely Loud and Incredibly Close
Film ini berkisah tentang bocah 9 tahun yang harus kehilangan ayahnya pada tragedi 9/11 karena berada di area menara WTC saat terjadi penyerangan. Disutradarai Stephen Daldry dan dikerjakan 2011 dengan pemain Tom Hanks dan Sandra Bullock. (T/CNN/Ant/R9/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments