Selasa, 17 September 2024

Hindari 5 Tanaman Hias Ini di Kamar Mandi Anda

Robert Banjarnahor - Senin, 09 September 2024 08:46 WIB
383 view
Hindari 5 Tanaman Hias Ini di Kamar Mandi Anda
Homes & Gardens
Medan (harianSIB.com)

Salah satu area terbaik menyimpan tanaman di rumah adalah kamar mandi. Tanaman adalah cara yang bagus untuk membawa energi yang baik di dalam kamar mandi karena membantu menetralkan unsur air saat kayu mengeluarkan air.

Umumnya tanaman yang diletak di area kamar mandi adalah tanaman hias. Kehadiran tanaman hias bukan hanya sekedar elemen dekorasi, tetapi juga bermanfaat mengontrol tingkat kelembapan di dalam kamar mandi.

Namun, kita harus bisa memilih tanaman apa yang bagus diletak di kamar mandi, karena ada beberapa tanaman hias justru akan mati jika disimpan di kamar mandi.

Baca Juga:

Mengutip Homes & Gardens, Minggu (8/9/2024), dilansir dari Kompas.com, berikut adalah beberapa tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi.

1. Bird of paradise
Strelitzia reginia atau bird of paradise merupakan salah satu tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi. Tanaman ini memiliki daun lebar yang menghabiskan banyak ruang, sehingga tidak cocok disimpan di ruangan kecil.

Baca Juga:

Tanaman yang tinggi seperti pohon ini dapat tumbuh hingga hampir 2 meter di dalam ruangan. Oleh karena itu, bird of paradise adalah tanaman yang ideal untuk menghidupkan ruangan yang luas. Bird of paradise paling baik ditempatkan di ruang keluarga atau ruang tamu yang besar. Selain itu, tanaman hias ini juga membutuhkan ruangan yang terang dan sinar matahari penuh untuk tumbuh subur.

2. Kembang sepatu
Selanjutnya, tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi adalah kembang sepatu. Kembang sepatu membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dengan baik, dan kamar mandi bukanlah tempat yang tepat untuk tanaman ini.

Selama musim hujan, kembang sepatu harus ditempatkan di tempat yang paling banyak terkena sinar matahari. Hal ini karena kembang sepatu selalu membutuhkan cahaya terang agar dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun. Jade plant

3. Jade Plant
Tanaman giok atau jade plant adalah tanaman hias yang dipercaya dapat membawa keberuntungan ke dalam rumah. Tanaman ini tumbuh subur dan membawa energi baik bila diletakkan di depan rumah.

Jade plant termasuk kelompok sukulen dengan daun berbentuk oval dan berdaging serta batang kecil seperti batang pohon. Jade plant lebih menyukai lingkungan yang kering. Dengan demikian, tanaman ini tidak akan tumbuh optimal dan tidak akan bisa menumbuhkan bunga jika ditanam di lingkungan yang lembap seperti kamar mandi.

4. Gardenia (kaca piring)
Gardenia atau kaca piring merupakan tanaman bunga yang tampak sangat menawan. Selain itu, gardenia juga mengeluarkan aroma yang sangat harum. Gardenia tumbuh paling baik di bawah sinar matahari pagi dan kemudian di tempat teduh pada siang hari. Jadi, jika di kamar mandi tidak ada jendela yang terkena sinar matahari, sebaiknya jangan letakkan tanaman hias ini di tempat tersebut.

5. Monstera adansonii (janda bolong)
Monstera adansonii atau janda bolong, menyukai kelembapan, yang membuat kamu berpikir tanaman ini mungkin cocok untuk kamar mandi.

Sayangnya, monstera justru termasuk tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi. Tanah tanaman ini harus dibiarkan mengering sebelum disiram, terutama selama cuaca dingin.

Ini berarti monstera hanya perlu disiram sekali setiap beberapa minggu. Kondisi demikian tentu sulit dicapai di lingkungan kamar mandi yang lembap. Oleh karena itu, monstera adansonii sebaiknya diletakkan di tempat yang kering. (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru