Selasa, 11 Agu 2020
  • Home
  • Hiburan
  • 3T Menjadi Perhatian Gugus Tugas Sumut Guna Tekan Angka Kenaikan Covid-19

3T Menjadi Perhatian Gugus Tugas Sumut Guna Tekan Angka Kenaikan Covid-19

* Kasus Positif 2.693, ODP 2.412, Sembuh 634, PDP 313, Meninggal 136 Orang
Roland Tambunan/ Leo Bukit Kamis, 16 Juli 2020 20:00 WIB
Dok/Humas Pemprovsu

dr Aris Yudhariansyah MM 

Medan (SIB)
Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 melalui hasil swab PCR di Sumut hingga Kamis (16/7/2020) sore, sudah mencapai 2.693 orang. Sehari sebelumnya 2.596 orang.

Dari total jumlah yang positif itu, sebanyak 634 orang sembuh, sehari sebelumnya 605 orang. Lalu yang meninggal dunia 136 orang, sehari sebelumnya 131 orang.

Kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 313 orang, sehari sebelumnya 306 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.412 orang, sebelumnya 2.418 orang.

"Secara keseluruhan data Covid-19 menggambarkan masih terjadinya penularan. Karena itu perhatikan betul protokol kesehatan dan jalankan dengan disiplin," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah MM kepada wartawan di Medan, Kamis (16/7/2020).

Aris mengatakan pemerintah telah menerbitkan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang pencegahan dan pengendalian yang ditandatangani pada tanggal 13 Juli 2020 lalu.

Dalam keputusan itu, ada beberapa perubahan yang terjadi, seperti pada tata pelaksanaan PCR test, lebih difokuskan untuk menjaring kasus baru dalam rangka pencegahan Covid-19.

"Sehingga kini gugus tugas akan menggunakan terminologi baku sesuai yang dipakai oleh seluruh dunia, yaitu menyebut definisi kasus dengan sebutan suspek, kasus probable, dan kasus konfirmasi," ujarnya.

Selanjutnya, gugus tugas pusat akan berkonsentrasi untuk memasifkan Testing, Tracing dan Treatment (3T) khususnya di wilayah Provinsi Sumut, dikarenakan terjadinya penambahan kasus yang cukup signifikan yang didapat dalam beberapa hari terakhir.

Ia mengatakan 3T tersebut akan menjadi perhatian tim gugus tugas Provinsi Sumut untuk menekan angka kenaikan paparan Covid-19 dengan memaksimalkan testing pada laboratorium pemeriksaan Covid-19 yang telah terdaftar di Kemenkes.Di antaranya adalah RS USU, RSUP H Adam Malik, laboratorium mikrobiologi Fakultas Kedokteran USU, RS Murni Teguh, RS Tingkat II Putri Hijau, dan RS Prima Husada Cipta PT Pelindo I Medan.

Kenaikan konfirmasi kasus dalam beberapa hari ini juga menunjukkan aktivitas tracing yang dilakukan sangat meningkat. "Terimakasih pada semua tenaga kesehatan dari provinsi hingga kabupaten/kota yang tanpa lelah, selalu giat dan aktif menelusuri kontak dan riwayat kasus," tuturnya.

Sedangkan untuk treatment atau perawatan, kata Aris sudah dilakukan oleh rumah sakit secara maksimal, untuk melayani pasien yang membutuhkan perawatan. Untuk itu dia mengingatkan bahwa 3T ini akan menjadi kunci dalam menurunkan angka kasus positif dan angka fatalitas karena Covid-19.

"Tapi ada tiga jurus lain juga yang digunakan untuk melandaikan kurva Covid-19, yaitu dengan menjaga jarak, pakai masker dengan benar dan disiplin, serta selalu mencuci tangan," ungkap Aris mengakhiri. (*)

Editor: [email protected]

T#gs Fakultas Kedokteran USU PDP dr Aris Yudhariansyah MMPasien positif terinfeksi Covid-19
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments