Kamis, 20 Jun 2019

2 Aktor Indonesia Terancam Hukuman Mati

admin Selasa, 11 Juni 2019 14:23 WIB
Ilustrasi
Jakarta (SIB) -Zulkifli dan Steve Emmanuel Halim terancam hukuman mati. Kedua aktor Indonesia itu menjalani proses sidang kasus Narkoba. Pria yang populer dengan panggilan Zul Zivilia ditangkap polisi dengan barang bukti 24 ribu butir ekstasi dan 9,5 kilogram sabu. Di tempat terpisah, Steve Emmanuel ditangkap aparat dengan barang bukti 92,04 gram kokain di apartemennya.

Di Jakarta, Senin (10/6), istri Zul, Retno Paradinah mengaku sama sekali tak siap dengan ancaman hukuman tersebut. "Saya tak tahu harus bagaimana. Sama sekali tidak siap dengan hukuman mati," tegasnya.

Hal serupa ditimpakan pada Steve. Sempat sakit karena mendengar ancaman hukuman mati, pesinetron mantan teman hidup Andi Soraya itu justru ngotot ingin direhab dan ingin hidup normal tanpa zat adiktif.

Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (10/6), rekan Steve, Lukman, menjadi saksi. Kepada hakim Lukman mengatakan Steve tak nyaman menjadi seorang publik figur. "Segalanya disorot, kehidupan pribadinya," kata Lukman sambil mengatakan sahabatnya itu pun ingin memberikan pengaruh terhadap masyarakat luas karena profesi sebagai artis sinetron kurang bisa mewujudkan keinginan tersebut.
Sebagaimana diketahui, Steve ditangkap di kediamannya di lobi apartemen Kondominium Kintamani pada 21 Desember 2018. Selain barang bukti yang disita, dalam pemeriksaaan. Steve mengaku menyelundupkan 1 ons atau 100 gram kokain dari Belanda pada September 2018.

Hasil pemeriksaan, Steve mengaku mendapatkan kokain tersebut dari Negeri Kincir Angin, Belanda. Diketahui Steve membeli kokain seberat 100 gram dengan mata uang asing sebesar 1.000 Euro, atau setara dengan Rp 150 juta.

Selain kasus tersebut, ditengarai Steve menjadi penyelundup obat terlarang dari luar negeri. Zat adiktif itu kualitas nomor satu. Steve diduga sebagai pengedar juga karena memiliki kokain dalam jumlah banyak.

Kasus itu membuatnya didakwa dua pasal tentang Narkoba, yaitu pasal 114 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009, subsider 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Zul Zivilia
Tentang ancaman yang ditimpakan pada Zul, sang istri Retno, tak sanggup.

Sebagaimana diketahui, Zul diringkus polisi di kawasan Jakarta Utara pada 1 Maret 2019 atas kasus narkoba. Petugas mengamankan barang bukti berupa 24 ribu butir ekstasi dan 9,5 kilogram sabu.

Dugaannya, selain pemakai, Zul pun pengedar bahkan bandar. Kasus tersebut masih ditangani kepolisian. "Masih di Polda Metro Jaya. Belum dipindahin (ke Rutan Salemba), Insya Allah bulan depan akhir," kata Retno.

Berkas kasus Zul masih di kejaksaan dan menunggu kabar. "Ya mudah-mudahan cepat ada titik terang. Mudah-mudahan dia dapat hukumannya nggak kayak berita di luar-luar," ujar Retno. "Ya kita tunggu aja hasil sidangnya nanti gimana, semoga lancar semuanya. Bisa diberi keringanan, kelancaran," tukasnya seperti disiarkan Liputan6.Com.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, Retno membuka usaha jasa titip barang dan membuat kue kering. (T/R9/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments