Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Warga Rindukan Sosok Wali Kota yang Mampu Bangun Kawasan Medan Utara

Warga Rindukan Sosok Wali Kota yang Mampu Bangun Kawasan Medan Utara

admin Sabtu, 15 Juni 2019 09:35 WIB
Ilustrasi
Belawan (SIB) -Sosok pemimpin atau calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan mendatang harus mampu membangun kawasan Medan Utara, yang hingga saat ini masih jauh tertinggal, baik kondisi infrastruktur maupun taraf hidup masyarakat nelayan.

Hal tersebut dikatakan pemerhati masyarakat nelayan Kota Medan, Rahman Gafiqi SH kepada wartawan, Kamis (13/6) menyoal Pilkada Kota Medan yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang.

"Kami tidak memersoalkan apakah dari kalangan tertentu, tetapi penjaringan yang dilakukan partai politik hendaknya menghasilkan sosok yang mampu membangun Kota Medan, khususnya kawasan Utara Kota Medan yang tidak mengalami kemajuan dari masa ke masa," ujar Rahman Gafiqi.

Lebih lanjut dikatakannya, Wali Kota Medan ke depan harus mampu mengatasi persoalan nelayan kecil maupun modern yang bermukim di empat kecamatan di kawasan Utara Kota Medan yakni Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan dan Medan Belawan.

Disebutkannya, hingga saat ini persoalan alat tangkap, kartu nelayan, asuransi nelayan dan zona tangkap nelayan skala kecil masih kerap dimasuki kapal penangkap ikan berukuran besar milik pengusaha perikanan, sehingga hasil tangkap nelayan kecil jauh berkurang.

Wali Kota Medan mendatang harus mampu menggerakkan instansi terkait untuk bersama-sama menindak kapal penangkap ikan milik kalangan pengusaha perikanan tersebut agar kesejahteraan nelayan kecil dapat meningkat.

"Selain itu, Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota harus mampu menyediakan stasiun pengisian BBM yang benar-benar dikelola untuk kepentingan melaut para nelayan kecil di kawasan Utara Kota Medan. Sedangkan saat ini banyak nelayan skala kecil yang terpaksa membeli BBM dari SPBU dengan meggunakan jerigen setiap hari. Padahal sesuai ketentuan, hal tersebut tidak dibenarkan", ucapnya.

Persoalan lain yang tidak kalah penting yakni Calon Wali Kota Medan dan wakilnya harus dapat mengatasi sampah yang mengotori laut dan aliran sungai.

Sementara itu, sejumlah warga di Kecamatan Medan Belawan di antaranya Azis mengatakan, saat ini masyarakat Belawan sangat merindukan sosok Wali Kota Medan yang mampu membenahi Kota Pelabuhan Belawan dari banjir rob yang sangat mengganggu aktivitas rutin masyarakat.

"Banjir rob, bukan saja mengganggu warga Belawan, tetapi mengakibatkan semakin enggannya warga dari berbagai kawasan Kota Medan berkunjung ke Kota Pelabuhan Belawan. Kondisi tersebut mengakibatkan geliat perekonomian di Kecamatan Belawan semakin berkurang, seluruh drainase di Belawan harus benar-benar dibenahi oleh Wali Kota Medan mendatang, bukan cuma janji-janji, tapi kenyataan hingga saat ini, banjir rob sudah menjadi momok bagi masyarakat," ujar Azis.

Ia juga mengatakan, di kawasan Utara Kota Medan, masih banyak jalan yang rusak parah tidak kunjung diperbaiki, seperti Jalan Pancing, Medan Labuhan, Jalan Datuk Rubiah, sebagian ruas dan badan Jalan M Basir, Medan Marelan serta Jalan Kapten Rahmad Buddin yang sudah kupak-kapik.

Kondisi jalan rusak tersebut sangat merugikan masyarakat, karena dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas serta tindak kejahatan jalanan.(M07/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments