Kamis, 01 Okt 2020
  • Home
  • Headlines
  • Wapres Tegaskan Semua Instansi Wajib Sederhanakan Birokrasi

Wapres Tegaskan Semua Instansi Wajib Sederhanakan Birokrasi

Rabu, 12 Agustus 2020 22:08 WIB
Foto: Okezone

Wakil Presiden Maruf Amin 

Jakarta (SIB)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan semua instansi pemerintah harus melaksanakan penyederhanaan birokrasi. Seperti diketahui saat ini pemerintah tengah melakukan proses penyederhanaan birokrasi dengan memangkas jabatan struktural eselon III, IV dan V.

“Saya menekankan bahwa penyederhanaan birokrasi harus dilaksanakan oleh semua instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Segera lakukan dengan tetap memperhatikan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi,” katanya saat membuka rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi secara virtual, Selasa (11/8).

Ma'ruf mengatakan sebagaimana instruksi presiden bahwa pemangkasan dilakukan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan yang berkualitas.

“Jalur birokrasi dipersingkat dengan pemangkasan hirarki dan level eselonisasi pejabat struktural menjadi dua level saja. Dan mengganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi,” ungkapnya.

Dia juga meminta agar proses pemangkasan tidak merugikan PNS. “Pastikan pengalihan jabatan tidak merugikan penghasilan dan keberlangsungan karir pejabat yang terdampak,” tuturnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa proses pemangkasan kurang lebih telah mencapai 68%. Di mana ditargetkan tuntas pada akhir Desember 2020.

“Sebagaimana arahan bapak wapres Desember 2019 bapak mengambil keputusan reformasi birokrasi berupa penyederhanaan ini diharapkan selesai Desember 2020,” pungkasnya. (Okz/d)
T#gs InstansiWajib Sederhanakan BirokrasiWakil Presiden Maruf AminWapres Tegaskan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments