Jumat, 24 Mei 2019
  • Home
  • Headlines
  • Video Orang Utan Tantang Buldozer yang Babat Hutan Kalimantan Barat Masuk Dokumenter Internasional

Video Orang Utan Tantang Buldozer yang Babat Hutan Kalimantan Barat Masuk Dokumenter Internasional

admin Minggu, 21 April 2019 09:00 WIB
Grid/Youtube
Seekor Orang Utan viral setelah video menantang buldozer yang membabat hutan di Kalimantan Barat.
Sudah jadi rahasia umum jika orang utan menjadi salah satu korban pembukaan lahan baru kelapa sawit. Pembukaan kebun baru kelapa sawit yang kebanyakan harus menebang hutan, membuat banyak habitat orang utan tergusur.

Karena banyak orang utan dan fauna lain yang kehilangan tempat tinggalnya, membuat perkebunan kelapa sawit menjadi isu panas yang tengah dibahas dunia internasional. Apalagi, saat ini sedang gencar-gencarnya kampanye perubahan iklim bumi di belahan dunia barat.

Salah seorang penyiar televisi ternama Sir David Attenborough asal Inggris, membuat satu film dokumenter tentang perubahan iklim berjudul 'Climate Change: The Facts'. Film dokumenter yang tayang di BBC ini langsung viral dibicarakan netizen dunia. Pasalnya ada sebuah cuplikan menyayat hati yang tayang disana.

Sayangnya, cuplikan itu adalah video orang utan yang hidup di pedalaman hutan Indonesia.

Mengutip International Business Times, video tersebut pertama kali dirilis oleh organisasi International Animal Rescue pada tahun 2018 lalu. Diketahui video viral ini diambil pada tahun 2013, di pedalaman hutan Kalimantan barat Indonesia. Enam tahun telah berlalu, video memilukan ini kembali viral setelah disisipkan di film dokumenter 'Climate Change: The Facts'.

Dalam video yang diunggah kanal Youtube Protect All Wildlife, seekor orang utan terlihat terjebak di ujung pohon yang telah tumbang.
Terlihat orang utan itu dikejar oleh 2 orang yang telah menunggunya di bawah. Merasa terpojok, orang utan itu nekat menantang buldozer di depannya. Namun, orang utan itu langsung terjatuh setelah 'terdorong' oleh buldozer. Setelah terjatuh dan dihadang oleh dua orang pria, orang utan itu terlihat langsung lari menjauh ke dalam hutan yang tampak telah gundul. Insiden orang utan yang terjadi di hutan Indonesia ini pun mengundang reaksi beragam dari netizen international.

Menyikapi kasus perubahan iklim yang salah satunya diduga akibat dari pembalakan hutan liar, sang pembuat dokumenter itu buka suara.

"Sekarang ini kita sedang menghadapi ancaman terbesar kita dalam ribuan tahun, perubahan iklim," ucap David Attenborough dikutip dari Daily Mail.

"Kita akan melawan bencana buatan manusia dalam skala global, dan yang menakutkan adalah masyarakat dan lingkungan dapat 'runtuh' jika kita tak mengambil langkah dalam 10 tahun kedepan".

"Kita sudah kehabisan waktu, tapi tetap masih ada harapan. Jika kita dapat mengerti ancaman yang kita hadapi, maka kita pasti dapat menghindari bencana alam kedepannya," ucap sang penyiar di akhir film dokumenternya. (Grid/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments