Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Tidak Sanggup Jalankan Tugas, Jajaran Direksi PD Pasar Dairi Mengundurkan Diri

Tidak Sanggup Jalankan Tugas, Jajaran Direksi PD Pasar Dairi Mengundurkan Diri

admin Selasa, 30 Juli 2019 11:00 WIB
SIB/Tulus Tarihoran
SAMPAH BERSERAK: Direksi PD Pasar Kabupaten Dairi mengundurkan diri. Terlihat Pasar Sidikalang tidak terurus dan sampah berserak, Senin (29/7) di salah satu blok tempat penjualan ikan asin.
Sidikalang (SIB) -Jajaran Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kabupaten Dairi mengundurkan diri dengan alasan tidak mampu menjalankan tugas. Surat pengunduran diri tertanggal 23 Juli 2019.

Direksi PD Pasar Dairi yaitu Direktur Utama, Teruna, Direktur Operasional Ramses Situmorang, Direktur Umum Pasuria Pardede membubuhkan tandatangan pada surat pengunduran diri. Dalam surat, ketiganya mengundurkan diri karena tidak mampu melakukan pengurusan dan penataan pasar, tidak mampu menjalankan tugas sebagai Direksi, terbukti tidak mampu membayar gaji pegawai yang tertunggak sampai 8 bulan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan didampingi Inspektur Edward Hutabarat dikonfirmasi Senin (29/7), membenarkan surat pengunduran tersebut. Surat mereka sudah diterima.

Sebastianus mengatakan, terkait pengunduran diri para direksi, Pemkab Dairi akan menyurati Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), untuk melakukan audit pelaksanaan tugas para direksi periode 2015-2020 itu.

"Akan diaudit semua pelaksanaan kegiatan mereka. Termasuk kenapa pegawai tidak gajian sampai 8 bulan. Sesuai ketentuan, gaji karyawan dan direksi akan dibayarkan, yang uangnya dari piutang itu," ujar Sebastianus.

Pengakuan mereka, bahwa PD Pasar memiliki piutang yaitu sewa kios yang belum dibayarkan oleh para pedagang mencapai Rp 3 miliar.

Sebagian pedagang di blok C belum membayar retribusi sejak tahun 2013 dan pedagang lainnya. Sesuai ketentuan, retribusi tertunggak itu harus dibayar pedagang. Bila tidak, kata Sebastianus, kios yang ditempati akan ditarik dan diberikan kepada orang yang membutuhkan berdagang.

Sejak tahun 2010, tidak ada lagi penyertaan modal Pemkab Dairi ke PD Pasar. Pemkab tidak bisa membayarkan gaji pegawai itu. Tetapi, mereka juga boleh meminjam uang dari bank. Sebastianus mengaku, juga mendengar informasi bahwa pegawai PD Pasar juga mengundurkan diri. (K05/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments