Jumat, 20 Sep 2019
  • Home
  • Headlines
  • Tidak Ada Larangan Bagi Lulusan PTS Terakreditasi C Menjadi PNS

Kepala Kantor LL-Dikti Sumut: Pilih PTS yang Sehat dan Bermutu

Tidak Ada Larangan Bagi Lulusan PTS Terakreditasi C Menjadi PNS

admin Kamis, 15 Agustus 2019 11:03 WIB
Prof Dian Armanto
Medan (SIB) -Kepala Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Sumut Prof Dian Armanto mengimbau calon mahasiswa baru agar memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sehat dan bermutu serta akreditasi PTS-nya bagus dan kelembagaannya tidak sedang konflik.

Hal itu dikatakan Dian Armanto menjawab wartawan, Rabu (14/8) dalam kaitan penerimaan mahasiswa baru PTS. Pihak LLDIKTI Wilayah Sumut juga telah mengumumkan di media peringkat PTS di Sumut.

Untuk memperoleh akreditasi A, B atau C ada beberapa kriterianya, antara lain dilihat visi misi, tata kelola, kelulusan, SDM dosen, sarana prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bagaimana dengan Fakultas untuk jenjang S1 atau prodi yang akreditasinya masih C, apakah bisa melanjut ke Sekolah Pasca Sarjana (S2) yang akreditasinya A atau B, dijawab Dian, bisa, namun untuk prodi tertentu yang profesi ada yang menentukan harus B. "Namun secara umum akreditasi Fakultas tidak mempengaruhi untuk melanjut ke S2. Karena untuk melanjut ke S2 kan juga ada ujiannya (testing). Untuk menjadi PNS juga tidak ada larangan bagi lulusan yang akreditasinya C," katanya.

Dian membenarkan masih ada institusi PTS yang belum terakreditasi (140 PTS) lagi. Sementara saat ini jumlah PTS di Sumut ada 247 dengan jumlah prodi 1.105. Untuk sementara ini tidak jadi keharusan institusinya terakreditasi. Namun diharapkan PTS sudah mengirimkan borangnya.

Kapan akreditasi institusi jadi keharusan? Dijawab Dian, direncanakan tahun 2020. Namun sangat tergantung dengan keputusan dari Kemenristekdikti. (M01/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments