Senin, 10 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Tarian dan Adat Batak Toba Sambut Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi di Poldasu

Tarian dan Adat Batak Toba Sambut Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi di Poldasu

Jumat, 05 September 2014 09:15 WIB
SIB/Roy Marisi Simorangkir SE
PENYAMBUTAN:Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo SH, MSi didampingi istri mendapat ulos Ragi Hidup, Tongkat Tonggal Panaluan dan Boras Sipir Ni Tondi, dalam upacara penyambutan di Mapoldasu, Kamis (4/9)
Medan (SIB)-  Kapoldasu Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH, MSi beserta istri tiba di Mapoldasu dan disambut dengan tor-tor khas Batak Toba, Kamis (4/9).

Selain mendapat pengalungan bunga,  Eko Hadi Sutedjo  juga mendapat Ulos Ragi Hidup, tongkat Tunggal Panaluan dan Boras Sipir Ni Tondi.

 Disebutkan, topi dan tari itu berarti mahkota kerajaan karena raja yang dapat mengayomi, melindungi dan menegakkan hukum. Ulos Ragi Hidup sebagai simbol doa supaya lebih semangat. Tongkat Tunggal Panaluan adalah simbol penopang dan pengokoh tugas di Sumut. Sedangkan Boras Sipir Ni Tondi adalah simbol menebarkan jiwa patriot dan gigih bertugas.

 Di halaman Mapoldasu itu,  Eko Hadi Sutedjo disambut  seluruh pejabat utama Poldasu beserta Kapolres sejajaran, kemudian diterima Kapoldasu lama Irjen Pol Syarief Gunawan beserta istri di pintu masuk utama Mapoldasu.

Selanjutnya Eko Hadi Sutedjo didampingi Irjen Pol Syarief Gunawan dan Wakapoldasu Brigjen Pol Basarudin langsung mengadakan rapat tertutup bersama seluruh pejabat utama Poldasu dan Kapolres sejajaran.

 Diberitakan sebelumnya, Eko Hadi Sutedjo  putra kelahiran Kendal, Jawa Tengah, 30 Agustus 1959 lalu, resmi menjabat Kapoldasu atau lebih sering disebut dengan panggilan Toba I. Ia resmi menggantikan Irjen Pol Syarief Gunawan, dalam acara serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/9).

 Penetapan jabatan Kapoldasu kepada Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo itu berdasarkan Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri nomor : Kep/667/VIII/2014, tertanggal 22 Agustus 2014. Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo yang sebelumnya menjabat Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol), dipercaya menggantikan posisi Irjen Pol Syarief Gunawan yang dimutasi menjadi Staf Ahli Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) Kapolri.

Informasi diperoleh dari sejumlah sumber, Eko Hadi Sutedjo  merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1985. Eko Hadi Sutedjo memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan Polri.

Sejumlah jabatan penting di tubuh Polri yang pernah dijabat  Eko Hadi Sutedjo  antara lain, Kepala Biro Wat Personil Sumber Daya Manusia Karowatpers SSDM Polri, Kapolda Banten pada tahun 2011, Gubernur Akpol pada tahun 2012, kemudian Kapoldasu pada tahun 2014.

 Jabatan Gubernur Akpol dijabat Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi sejak September 2012 hinggal 27 Agustus 2014.

 Selain sejumlah jabatan strategis itu, Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi juga pernah menjadi Ketua Dewan Pembina Daerah Keluarga Besar Pemuda/i Purnawirawan Polri (KBPPP). (A23/c)
T#gs Batak
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments