Jumat, 05 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Headlines
  • Sudah 10 Jenazah Korban Covid-19 Dikebumikan di Pekuburan Khusus di Simalingkar B

Sudah 10 Jenazah Korban Covid-19 Dikebumikan di Pekuburan Khusus di Simalingkar B

redaksisib Kamis, 09 April 2020 10:02 WIB
SIB/Desra Gurusinga

LOKASI : Lokasi pekuburan khusus korban Covid-19 di Simalingkar B yang sudah mulai diisi 10 jenazah.Foto diambil Rabu(8/4).

Medan (SIB)
Kompleks pemakaman khusus korban Covid-19 sudah dipersiapkan Pemko Medan berikut dengan tenaga kerjanya. Semua korban yang dikebumikan di sana tidak dikenakan biaya karena sudah ditanggung pemerintah semuanya.

“Sudah 10 jenazah dikuburkan di tempat pemakaman korban Covid-19 di pekuburan khusus Simalingkar B, termasuk dengan yang masuk hari ini,” ujar Mandor Pemakaman Mimpin Bangun didampingi petugas penguburan dari kecamatan Mesti Bangun saat diwawancarai wartawan di kompleks pemakaman, Rabu (8/4). Jumlah itu tidak termasuk 2 jenazah korban Covid-19 yang sudah dikebumikan di TPU Kristen Pemko Medan yang dikenal dengan kuburan Pemda,” ujarnya.

Disebutkannya, lahan pekuburan khusus Covid-19 sudah dipersiapkan Pemko dengan melakukan penataan di sana-sini, termasuk jalan masuk ke dalam sudah diperbaiki dan kini nyaman dilalui. Untuk penataannya, dimulai dari pembukaan lahan dan melakukan pengerukan beberapa liang kuburan sebagai persiapan.

Karena korban tidak disangka-sangka meninggal dan pihak rumah sakit serta Gugus Tugas yang dibentuk, langsung menghubungi mereka untuk persiapan lokasi penguburan. Untuk itulah sudah dipersiapkan beberapa lahan yang sudah digali dengan memakai alat berat.

Sementara untuk tenaga penguburan, sudah dipersiapkan 4 orang dan 4 orang lainnya sebagai penyemprot disinfektan. Para petugas pemakaman ini sudah berpengalaman di bidangnya karena sudah puluhan tahun bekerja di TPU Simalingkar B Medan.

Ditambahkannya, lokasi pemakaman sudah dibuat sesuai standar yang diaturkan dan jauh dari pemukiman penduduk serta sumber air. Setiap jenazah yang diantar petugas langsung dikebumikan di tempat yang sudah dipersiapkan. Para petugas juga dilengkapi pakaian khusus yang standar sehingga bisa mencegah kontak langsung dengan jenazah, ujarnya.

Saat ditanyakan luas lokasi, Mimpin menjelaskan, seluruh lahan milik Pemko Medan sudah ada dipersiapkan 14 hektare. “Dipastikan, seluruh jenazah yang diantarkan akan ditampung di lokasi ini,” ujarnya seraya menambahkan, jenazah datang dari seluruh Sumatera Utara (Sumut).

Diterangkannya, awalnya ada warga yang merasa keberatan. Namun setelah diberi pengertian, barulah mereka menerimanya. Selain sudah disterilkan, jenazah juga sudah dipastikan pihak medis aman untuk dikebumikan, pungkasnya. (M13/f)
T#gs COVID-19covid 19Kompleks pemakaman khususPemko Medansimalingkar B
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments