Senin, 16 Sep 2019
  • Home
  • Headlines
  • Sidang MPL PGI Wilayah Sumut Ditutup, GBKPN dan GMIM Diterima Menjadi Anggota Baru

Sidang MPL PGI Wilayah Sumut Ditutup, GBKPN dan GMIM Diterima Menjadi Anggota Baru

admin Minggu, 28 April 2019 13:41 WIB
SIB/Dok
FOTO BERSAMA: Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu MTh foto bersama Ketua Umum PGI Wilayah Sumut Pdt Darwis Manurung STh MPsi, Sekjen GKPI Pdt Ro Sininta Hutabarat dan peserta Sidang MPL PGI Wilayah Sumut, di Sopo GKPI Agape Tomok, Kamis (25/4).
Pematangsiantar (SIB) -Ketua PGI Wilayah Sumut Pdt Darwis Manurung STh MPsi menutup sidang Majelis Pekerja Lengkap PGI Wilayah Sumut, di Sopo Agape GKPI Tomok, Kamis (25/4).

Ketua Panitia Pdt Raden Samosir STh melalui seksi Publikasi Pdt HUM Gultom dalam siaran pers yang diterima SIB, Sabtu (27/4) mengungkapkan, sebelumnya Majelis Ketua Persidangan Pdt Humala Lumbantobing MTh bersama Pdt Mangara Sinamo MTh (Sekjen GKPPD) dan Pnt Sahala Siburian menyerahkan palu persidangan kepada Ketua PGI Wilayah Sumut Pdt Darwis Manurung.

Kemudian dilanjutkan dengan ibadah dan perjamuan kudus yang dilayani Sekjen GKPI Pdt Ro Sininta Hutabarat MTh.

Dalam sidang tahunan tersebut, PGI Wilayah Sumut menerima dua anggota baru yakni Gereja Banua Keriso Protestan Nias (GBKPN) dan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). Dengan bertambahnya dua anggota gereja tersebut lanjut Pdt HUM Gultom, anggota PGI Wilayah Sumut menjadi 36 gereja.

Pelaksanaan sidang MPL PGI Wilayah Sumut selama tiga hari mulai Selasa (23/4) hingga Kamis (25/4) berlangsung dengan baik. Selama sidang berlangsung diisi dengan ceramah dan diskusi panel yang disampaikan Ketua Pengurus Nasional Jaringan Peduli Anak Bangsa (JPAB) Haryati serta "Peluang dan Tantangan Danau Toba sebagai destinasi Wisata Bagi Gereja dan Masyarakat" dengan menghadirkan pembicara Drs Wilmar E Simanjorang Dipl Ec Dipl Plan MSi, Delima Silalahi (Direktur Program KSSPM), Basar Simanjuntak (Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT), Pdt Saut Sirait (Dosen STT HKBP) dan Ratnauli Gultom dari Yayasan Pencinta Danau Toba, serta ceramah dengan topik Peran Komisi Hukum dalam gereja yang disampaikan Komisi Hukum PGI Jhonny Simanjuntak.

Dalam diskusi panel, disimpulkan bahwa gereja sebagai perwujudan misi Allah di dunia, bertanggungjawab untuk menjaga kelestarian ciptaan Allah yang begitu indah seperti layaknya Danau Toba, yang merupakan anugerah Allah yang sangat besar untuk dapat mendukung kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar Danau Toba.

Diharapkan untuk memperhatikan hal-hal seperti peningkatan ekonomi kreatif masyarakat, pelestarian budaya dan kearifan lokal, memasukkan topik pelestarian Danau Toba dalam agenda khotbah dalam pertemuan gerejawi lainnya.

Selain itu diharapkan pemerintah bertanggungjawab untuk memberdayakan potensi masyarakat sebagai pelaku pariwisata yang ramah lingkungan. Dengan demikian masyarakat hendaknya memanfaatkan program Danau Toba sebagai destinasi pariwisata yang mensejahterakan masyarakat. (S04/Rel/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments