Selasa, 17 Sep 2019
  • Home
  • Headlines
  • Sibolga "Dibanjiri" Ikan Luar Daerah, Nelayan Protes Bawa Ikan Busuk ke DPRD

Sibolga "Dibanjiri" Ikan Luar Daerah, Nelayan Protes Bawa Ikan Busuk ke DPRD

admin Jumat, 06 September 2019 10:31 WIB
SIB/Marlon
Sibolga (SIB) -Nelayan di wilayah Sibolga dan Kabupaten Tapteng yang tergabung dalam STM Nelayan Bersatu mengelar aksi demo sambil membawa ikan busuk ke Gedung DPRD Sibolga di Jalan S Parman Sibolga, Kamis (5/9), memprotes banyaknya ikan dari luar daerah yang saat ini "membanjiri" Sibolga.

Fauzi Sitorus dalam orasinya mengatakan ikan dari luar daerah seperti Aceh, Tanjungbalai, Belawan, Padang dan Batubara bebas masuk melalui jalur darat ke wilayah Sibolga dan Tapteng, mengakibatkan harga ikan lokal Sibolga anjlok.

"Kami meminta DPRD Sibolga mendorong Pemda untuk menghentikan masuknya ikan dari luar daerah tersebut, karena dapat menyengsarakan nelayan," katanya seraya merinci hitungannya ada kurang lebih 15 mobil box bermuatan 7 ton ikan permobil masuk ke Sibolga perharinya.

Menurutnya, ikan dari luar daerah tersebut justru menjadi prioritas dibeli para pengusaha perikanan untuk menjadi bahan baku di pabrik pabrik pengelolaan ikan.

Nelayan juga menyuarakan agar instansi berwenang di bidang perikanan membuka UPT (Unit Pelaksana Teknis) di wilayah Sibolga dan Tapteng sebagai solusi atas lambat, rumit dan tingginya biaya untuk proses penerbitan surat keberangkatan kapal.
"Meminta DPRD untuk mendesak Pemko Sibolga agar mambuat program prioritas seluruh nelayan mendapat asuransi ketenagakerjaan," katanya.

Ketua DPRD Sibolga sementara, Akhmad Syukri didampingi anggota DPRD Sibolga, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dan perwakilan instansi terkait menerima perwakilan massa dengan mengelar pertemuan di ruang rapat DPRD.

Syukri memastikan aspirasi yang disampaikan diteruskan ke Pemko Sibolga dan Pemkab Tapteng untuk dicarikan solusi mendorong Pemda segera mengeluarkan regulasi terkait ikan-ikan asal luar daerah yang masuk "membanjiri" wilayah Sibolga dan Tapteng. (G03/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments