Sabtu, 04 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Headlines
  • Serahkan SK, Menkum HAM Yakin Partai Gelora Siap Berlaga di Pemilu 2024

Serahkan SK, Menkum HAM Yakin Partai Gelora Siap Berlaga di Pemilu 2024

Rabu, 03 Juni 2020 22:31 WIB
Foto: 20detik

Yasonna H Laoly 

Jakarta (SIB)
Partai Gelora dinyatakan sah sebagai partai politik. Partai besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah itu sah menjadi partai politik setelah menerima Surat Keterangan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Gelora.

Penyerahan SK dilakukan Menkum HAM Yasonna H Laoly secara simbolis dalam rapat yang digelar virtual, Selasa (2/6). Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Waketum Fahri Hamzah dan Sekjen Mahfudz Siddiq mengikuti rapat virtual tersebut.

"Ucapan selamat saya kepada pengurus Partai Gelora di seluruh Indonesia. Semoga Partai Gelora dapat lebih menggelorakan semangat nasionalisme, optimisme kepada seluruh bangsa Indonesia di bawah panji-panji Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Yasonna dalam rapat sebagaimana keterangan tertulis yang diterima.

Yasonna menyatakan Partai Gelora lolos verifikasi secara administrasi dan faktual sesuai peraturan perundang-undangan sehingga dinyatakan sah sebagai badan hukum partai politik. Dia yakin Partai Gelora akan menjadi salah satu pesaing kuat bagi partai lainnya pada Pemilu 2024.

"Sebagai menteri yang telah menerima permohonan pendaftaran badan hukum partai politik, saya melihat Partai Gelora bisa melakukannya secara terstruktur dan masif," sebut Yasonna.

"Saya percaya pada pesta demokrasi 2024 (Partai Gelora) akan menjadi contender yang diperhitungkan partai-partai lain," imbuhnya.
Setelah Gelora sah sebagai partai politik, Yasonna berharap jajaran pengurus partai tersebut bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sedang mewabah di Indonesia. Politikus PDIP itu ingin Partai Gelora juga ikut menggelorakan agar masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Saya berharap jajaran pengurus Partai Gelora bersama pemerintah melalui aksi sosial dan memutus rantai penyebaran COVID, jalani protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, serta jaga jarak," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum (Ketum) Partai Gelora Anis Matta menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kemenkum HAM. Anis Matta berharap Partai Gelora bisa membantu masyarakat Indonesia keluar dari krisis yang saat ini terjadi.

"Kami berharap Partai Gelora Indonesia bisa berkontribusi secara positif dan ikut membawa Indonesia keluar dari krisis. Pada hari ini, satu tahap perjalanan kita sudah selesai. Hari ini kita menerima buah dari hasil kerja keras itu," ujar Anis Matta.

Sekjen Partai Gelora Mahfudz Siddiq menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan edaran untuk menggerakkan sumber daya membantu masyarakat menanggulangi dampak Covid-19. Partai Gelora, sebut dia, juga membentuk Gelombang Solidaritas Nasional yang dipimpin Fahri Hamzah.

"Indonesia harus sama-sama kita jaga. Krisis kesehatan jangan sampai berkembang menjadi krisis sosial dan politik," ucap Mahfudz.
"Pak Anis Matta menegaskan Pancasila dan nasionalisme adalah fondasi penting untuk kita tidak terseret pada keretakan dan perpecahan akibat pandemi Covid-19 ini," imbuhnya. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments