Minggu, 21 Jul 2019
  • Home
  • Headlines
  • Seluruh Marga Damanik se-Dunia Diminta Bersatu Selesaikan Pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh di Pematangsiantar

Seluruh Marga Damanik se-Dunia Diminta Bersatu Selesaikan Pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh di Pematangsiantar

* Wali Kota Pematangsiantar Komit Lanjutkan Pembangunan
admin Jumat, 12 Juli 2019 10:07 WIB
SIB/dok
Bernhard Damanik
Pematangsiantar (SIB) -Seluruh marga Damanik seantero dunia diminta bersatu untuk menuntaskan pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh Damanik di Pematangsiantar. Situs sejarah membuktikan bahwa pusat Kerajaan Sangnawaluh berada di Pematangsiantar.

"Raja Sangnawaluh adalah Raja Siantar, maka di manapun tugu itu dibangun patut diakui oleh Pemerintah Kota Pematangsiantar. Saya ingin mengajak saudara-saudara kami marga Damanik di seluruh dunia, mari kita bersatu untuk menyelesaikan pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh agar benar-benar berdiri di Kota Pematangsiantar," ujar Bernhard Damanik di Pamatangraya, Rabu (10/7).

Ia menyampaikan hal tersebut selaku salah seorang keturunan marga Damanik. Selain itu, Bernhard Damanik kini menjabat sebagai anggota DPRD Simalungun dan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Simalungun.

Bernhard merasa prihatin menyikapi kondisi pembangunan Tugu Sangnawaluh yang hingga kini belum juga tuntas. Padahal, sudah bertahun-tahun direncanakan.

Menurutnya, penghentian pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar diduga karena ada kepentingan-kepentingan tertentu. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Pematangsiantar diminta harus bijak menyikapinya guna menghindari gesekan-gesekan pada elemen masyarakat.

"Sesuai seminar yang lalu, sudah disepakati dibangun di Lapangan H Adam Malik. Silahkan di situ saja karena sudah melalui kajian," ujarnya dan berharap, pembangunan Tugu Sangnawaluh dilanjutkan.

Berdasarkan sejarah katanya, Kota Pematangsiantar dulunya menjadi pusat Kerajaan Sangnawaluh yang berbasis di Pamatang. Ada beberapa situs sejarah yang dibangun masa Raja Sangnawaluh di antaranya terowongan yang menghubungkan Pamatang sampai ke Siantar Hotel yang diduga sebagai bentuk pertahanan melawan penjajah.

"Harapan kita, Kota Pematangsiantar bertanggung-jawab untuk menyelesaikan pembangunan Tugu Sangnawaluh agar pemimpin di Kota Pematangsiantar dilindungi oleh leluhur-leluhur kita dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab," tutup Bernhard.
Wali Kota Pematangsiantar Komit

Sementara itu, Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah berkomitmen melanjutkan pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh yang sempat dihentikan pembangunannya akhir tahun 2018 lalu.

Guna membahas kelanjutan pembangunan tersebut, Wali Kota Pematangsiantar beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menjalin silaturahmi dengan keluarga besar Raja Sangnaualuh di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan MH Sitorus Kota Pematangsiantar, Rabu (10/7) malam.

Dalam pertemuan itu Hefriansyah mengatakan, pembangunan tugu yang terhenti saat ini, agar segera dicari solusinya. Sehingga pembangunan Tugu Sangnaualuh yang sudah dinanti-nantikan keluarga dan masyarakat Kota Pematangsiantar dapat segera terealisasi.

"Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Pematangsiantar dan DPRD, telah menyiapkan dana dari APBD Kota Pematangsiantar. Keluarga besar memiliki andil besar memberikan masukan, sehingga pembangunan itu nantinya, sesuai dengan harapan semua lapisan masyarakat," kata Hefriansyah.

Demi mematangkan rencana kelanjutan pembangunan Tugu Sangnaualuh, Hefriansyah menyampaikan, agar dilakukan lagi rapat-rapat selanjutnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Pematangsiantar, Ferziansyah Susunan SH MH berharap, pelaksanaan pembangunan Tugu Sangnaualuh dapat diterima semua masyarakat dan tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan Ketua DPRD Pematangsiantar Marulitua Hutapea SE mengatakan, DPRD senantiasa mendukung pembangunan Tugu Sangnaualuh. DPRD Kota Pematangsiantar telah menyetujui anggarannya.

"Kita berharap nantinya, peresmian tugu dilakukan dengan pesta meriah. Mengingat, Raja Sangnaualuh adalah pendiri Kota Pematangsiantar," kata Maruli.

Mewakili keluarga besar Raja Sangnaualuh, J Damanik didampingi Evra Saski Damanik dan Rudi Damanik mengatakan, pihaknya berharap pembangunan Tugu Sangnaualuh dapat terealisasi secepatnya.

Dalam kesempatan itu hadir, konsultan perencanan mempresentasikan desain dan konstruksi tugu, sebagai bahan untuk dibicarakan dengan segenap komponen masyarakat nantinya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Kota Pematangsiantar, mewakili Dandim 0207/Simalungun, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya. (S05/S11/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments