Senin, 16 Sep 2019

Diduga Tidak Dikelola dengan Baik

Sejumlah Titik Jalan Nasional di Sumut Berlubang

admin Kamis, 13 Juni 2019 09:52 WIB
SIB/Dok
JALAN RUSAK: Ketum DPP LSM LPPAS RI Jauli Manalu SH didampingi Ketua DPC Humbang Hasundutan Jusuf Marbun dan Sekretaris Moses Marbun menunjuk lubang di jalan nasional Humbahas menuju Tele, Rabu (12/6)
Medan (SIB) -Jalan nasional di wilayah Kabupaten Simalungun di Parapat yang berbatasan dengan Kabupaten Toba Samosir persisnya dekat wisata Danau Toba dipenuhi lubangsehingga mengganggu pengguna jalan saat melintas. Kondisi ini dinilai sangat membahayakan warga yang melintas kalau tidak ekstra hati-hati bisa jatuh ke lubang jalan tersebut.

Tidak sedikit warga merasakan nasib terjerembab di lubang tengah jalan raya itu, untuk itu para pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati jika tidak ingin jatuh terjerembab ke lubang jalan tersebut.

"Jalan nasional ini diduga tidak dikelola dengan baik, terbukti beberapa ruas berlubang, tetapi tidak ada pemeliharaan atau perbaikan. Ada dugaan dana pemeliharan jalan nasional ini tidak ada atau tidak tepat sasaran, karena itu dimohon kepada Menteri PUPR di Pusat mendengar jeritan masyarakat bawah ini," ujar Ketua Umum DPP LSM Lembaga Pemantau Pembangunan dan Asset Republik Indonesia (LPPAS RI) Jauli Manalu SH kepada SIB, Rabu (12/6) usai investigasi ke daerah tersebut.

Dijelaskannya, beberapa warga setempat yang tidak mau diekspos namanya yang sempat ditanyai mengatakan, mereka menduga dana pemeliharaan jalan nasional yang dikucurkan tiap tahun dari Menteri PUPR diduga tidak digunakan untuk pemeliharaan jalan, sehingga jalan sampai berlubang tak ada perbaikan.

"Jadi kami selaku perwakilan masyarakat hanya dapat menyurati dan mempublikasikan temuan ini ke media dengan hasil investigasi di lapangan, atas penemuan beberapa titik ruas jalan nasional yang rusak diduga banyak tidak dipelihara termasuk juga Jalan Tanah Karo Merek ke Sidikalang (Dairi) dimana bahu jalanya juga sudah berlubang tidak ada perbaikan," jelasnya.

Dengan banyaknya temuan ruas jalan nasional di Sumut yang berlubang, maka Ketua DPC LSM LPPAS RI Kabupaten Humbang Hasundutan Jusuf Marbun dan Sekretaris Moses Marbun memohon kepada Kepala Balai Jalan Nasional yang baru, agar dapat turun ke lokasi melihat jalan nasional yang sudah rusak, seperti jalan dari Humbang Hasundutan menuju Tele. (M12/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments