Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Headlines
  • SNMPTN 2020 Diumumkan, Kota Medan Penyumbang Siswa Terbanyak Lulus

SNMPTN 2020 Diumumkan, Kota Medan Penyumbang Siswa Terbanyak Lulus

* Siswa Lulus Jadi Duta Pencegahan Virus Corona
Kamis, 09 April 2020 13:48 WIB
today.line.me

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih 

Jakarta (SIB)
Sebanyak 96.496 siswa berhasil lulus SNMPTN Tahun 2020. Kota Medan, Surabaya, Bandung, dan Jakarta menjadi penyumbang siswa terbanyak yang lulus di SNMPTN 2020.

"Jadi kalau kita coba lihat per kotanya dari jumlah yang diterima di perguruan tinggi dari asal-usul SMA-nya, SMA-nya adalah di Surabaya, Medan, Bandung, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur," kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam jumpa pers pada Rabu (8/4).

Lebih lanjut Nasih menjelaskan, rincian dari urutan tersebut. Posisi pertama ditempati oleh Medan, kemudian diikuti Surabaya, dan Kota Bandung.

"Nah ini tabel 20 kota kabupaten terbanyak yang diterima. Ternyata jumlah siswa yang diterima dari kabupaten atau Kota Medan itu 1.873 peserta atau siswa yang diterima di berbagai macam tempat. Kota Surabaya 1.511, Kota Bandung ada 1.373, Jakarta Selatan 1.147, Jakarta Timur 1073," ucap Nasih.

Duta Pencegahan Corona
LTMPT juga menyatakan: Hanya 19,74 persen yang lulus ujian dan seluruhnya diminta menjadi duta pencegahan Virus Corona Covid-19.

Nasih menjelaskan, jumlah pendaftar kali ini ialah 489.601. Sedangkan daya tampung PTN pada seleksi ini hanya 101.772 calon mahasiswa baru. Maka, hanya 96.496 siswa saja yang lulus.
"Kalau kami analisis sedikit, keketatan pendaftar secara umum adalah 19,74 persen. Artinya, satu banding lima secara umum," kata Nasih.

Selain itu, kata Nasih, para pelajar yang lulus SNMPTN itu diminta menjadi duta pencegahan COVID-19. Tugas mereka menyebarkan informasi terkait pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.
"Para peserta yang dinyatakan lolos seleksi SNMPTN untuk bersedia menjadi duta pencegahan Covid-19. Dengan cara sekurang-kurangnya membantu mensosialisasikan berbagai macam media daring dan lainnya," ujarnya.

Materi sosialisasi tersebut, disediakan dalam konten laman https://ltmpt.ac.id. Selain itu, mereka diminta mencari sendiri kampanye sosialisasi Covid-19 yang disebarkan masing-masing PTN.
"Kami imbau jangan menyebarkan hoaks dan fitnah," tuturnya. (detikcom/Tirto/d)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments