Jumat, 14 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Rp86 Miliar Utang Daerah Nisut dalam R-APBD Tidak Dirinci, Gubsu Perlu Minta Keterangan Bupati

Rp86 Miliar Utang Daerah Nisut dalam R-APBD Tidak Dirinci, Gubsu Perlu Minta Keterangan Bupati

Admin Selasa, 04 Desember 2018 11:46 WIB
Nias Utara (SIB) -Terkait utang daerah Pemkab Nias Utara (Nisut) Rp 86 miliar tanpa rincian dalam R-APBD TA 2019, kalangan DPRD dan tokoh masyarakat meminta Gubsu mencermati  draft yang telah disetujui DPRD Nisut minggu lalu.

Tokoh masyarakat Edward Zega menyampaikan keprihatinannya dengan penetapan R-APBD tidak mengedepankan azas transparansi. "Soal utang daerah yang disebut mencapai Rp 86 miliar tidak dijabarkan, mengindikasikan ada yang tidak beres terhadap nomenkelatur tersebut," katanya.

Hal itu menurutnya harus menjadi atensi Pemprovsu. "Dalam proses eksaminasi, Gubsu harus memanggil bupati Nisut bersama tim anggaran serta menanyai tim legislatif. Jangan justru mendiamkan sebab akan memberi preseden buruk dan pintu masuk korupsi. Kita tahu Bapak Edy Rahmayadi tidak mentolerir KKN," katanya.           .

Senada, anggota DPRD Foanoita Zai juga mengharapkan Gubsu menjernihkan persoalan utang yang menjadi perbincangan luas di tengah masyarakat Nisut. Jika hal itu tidak diberitahu ke publik, atau setidaknya dijabarkan pada draft R-APBD sebagaimana layaknya penyusunan anggaran, maka ada upaya mendukung suburnya korupsi di Nisut.     

Persoalan utang daerah yang tidak dirinci mendapat banyak tanggapan warga dengan mengirimkan komentar kepada SIB. Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Nisut, Lisaro Zondrato mengaku prihatin, fungsi legislator Nisut menurutnya belum memberi manfaat yang baik. "Jangan kayak macan ompong, teriak-teriak tapi ujung ujungnya kepentingan. Kan tidak mungkin hanya dua sampai tiga orang yang kritis di DPRD, APBD 2019 menentukan nasib masyarakat Nisut. Gubsu mohon dicermati utang daerah pada RAPBD," katanya. (Dik-FZ/d)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments