Sabtu, 07 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Rontgen Tidak Tersedia, DPRD Labusel Nilai RSUD Kotapinang Layak Turun Status

Rontgen Tidak Tersedia, DPRD Labusel Nilai RSUD Kotapinang Layak Turun Status

admin Sabtu, 05 Oktober 2019 09:50 WIB
Ilustrasi
Kotapinang (SIB) -Anggota DPRD Labuhanbatu Selatan (Labusel), H Edimin alias Asiong menilai RSUD Kotapinang layak turun status dari akreditasi C menjadi D. Mengingat, fasilitas layanan rontgen tidak tersedia dan pelayanan yang diberikan kepada pasien juga kerap dikeluhkan masyarakat.

"Kemarin kita mendengar Kementerian Kesehatan RI menurunkan status sejumlah rumah sakit di Provinsi Sumatera Utara, termasuk RSUD Kotapinang dari C menjadi D. Saya rasa itu langkah tepat jika melihat buruknya pelayanan rumah sakit dan tidak memadainya peralatan seperti rontgen di RSUD itu. Meskipun kabarnya pihak rumah sakit melakukan sanggahan," kata Edimin yang juga Ketua DPC Partai Hanura Labusel, Jumat (4/10).

Edimin menilai rumah sakit milik Pemkab Labusel itu tidak layak menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Menurutnya, selama ini masyarakat banyak mengeluhkan kepadanya terkait buruknya pelayanan RSUD Kotapinang.

"Banyak permasalahan di rumah sakit tersebut, mulai dari fasilitas, pelayanan, maupun mengenai manajemen," katanya.
Edimin meminta Kementerian Kesehatan tidak mengembalikan status RSUD Kotapinang menjadi akreditasi C. Menurutnya, manajemen rumah sakit tersebut sebaiknya membenahi pelayanan dan berbagai fasilitas yang ada, sehingga lebih memadai dan manusiawi.

Seperti diketahui, sebanyak 72 rumah sakit milik pemerintah maupun swasta di Sumut terancam turun kelas dari B ke C, serta dari C ke D. Penetapan penurunan kelas ini diketahui sejak 15 Juli 2019, sehingga rumah sakit yang terkena harus melakukan penyesuaian.

Namun rumah sakit yang turun kelas tersebut masih dapat mengajukan keberatan dalam kurun waktu 28 hari sejak 15 Juli. Penurunan kelas itu lewat surat bernomor HK.04.01/I/2963/2019 tentang Rekomendasi Penyesuaian Kelas Rumah Sakit Hasil Review Kelas Rumah Sakit menyebut 615 rumah sakit harus turun kelas. (L06/f)
T#gs DPRD Labusel RSUD KotapinangRontgen
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments