Minggu, 31 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Ratusan Rumah di Kuala, Langkat Terendam Air

redaksi Jumat, 01 November 2019 09:50 WIB
SIB/Dok
TERENDAM: Salah satu rumah warga di Kelurahan Bela Rakyat Kecamatan Kuala, Langkat terendam air Kamis dinihari (31/10).
Langkat (SIB) -Ratusan rumah di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat terendam air akibat curah hujan yang tinggi sehingga Sungai Tembo dan Sungai Begumit meluap.

Pemukiman yang terdampak banjir di Kelurahan Bela Rakyat Lingkungan 4 RT 03 berjumlah 30 rumah dan RT 05 berjumlah 80 rumah, tempat ibadah, masjid satu unit dan musolla satu unit.

Selain itu di Kelurahan Pekan Kuala Lingkungan 4 berjumlah 100 rumah, lingkungan 5 berjumlah 10 rumah, lingkungan 6 berjumlah 50 rumah dan fasilitas pendidikan di antaranya Sekolah Dasar Negeri (SDN) berjumlah dua unit, SMP berjumlah satu unit, Puskesmas satu unit dan Pajak Beringin Kuala.

Ketinggian air di dua kelurahan tersebut berkisar 50 Cm-1,5 M dan tidak ada korban jiwa.

Adapun letak geografis Kecamatan Kuala berada 35 meter di atas permukaan laut, sehingga air yang tergenang cepat surut.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, pukul 04.00 WIB, air sudah surut dan hanya menggenangi rumah warga yang terletak di daerah rendah, sementara permukaan air sungai sudah turun berkisar 50 centimeter dari tepi sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Iwan Sahri mengatakan, hujan terjadi Rabu (30/10) sejak pukul 17.00 hingga Kamis dinihari mengakibatkan Sungai Bengumit tidak mampu menampung debit air.

Meluapnya Sungai Bengumit mengakibatkan banjir menggenangi dua kelurahan di Kuala dengan ketinggian 50 Cm hingga 1,5 M. Akibat derasnya air tersebut Fondasi jembatan bekas (eks) rel kereta api milik Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA/PT KAI) peninggalan Belanda di Lingkungan VIII Undian Bela Rakyat, bergeser dan nyaris roboh.

Kendati tidak digunakan sebagai lintasan kereta api, namun jembatan menghubungkan Kelurahan Pekan Kuala dan Desa Padang Brahrang Kecamatan Selesai tersebut digunakan warga mengangkut hasil bumi menuju Pekan Kuala. (Ant/M24/q)
T#gs Langkat Langkat Terendam Air Ratusan Rumah di Kuala Rumah Terendam IarRatusan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments