Minggu, 19 Mei 2019
  • Home
  • Headlines
  • Ratusan Kios Pasar Tradisional Parluasan P Siantar Hangus Terbakar

Ratusan Kios Pasar Tradisional Parluasan P Siantar Hangus Terbakar

Minggu, 22 Juni 2014 12:06 WIB
SIB/Billy Andra Nasution
Suasana kebakaran di pasar eks Sukadame, Parluasan Jalan Patuan Anggi Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (21/6/2014) pagi. Warga Menyemut di lokasi menyaksikan kebakaran.
Simalungun (SIB)- Ratusan kios pasar tradisional eks Sukadame, Parluasan, Jalan Patuan Anggi, Kecamatan Siantar Utara, terbakar Sabtu (21/6) subuh.  Beberapa pedagang menduga api disebabkan korsleting listrik dari salah satu kios.

Menurut M Zein Lubis (64) warga Kelurahan Tomuan Pematangsiantar, salah satu pedagang tikar di pasar itu mengaku melihat api dan kepulan asap di barisan pedagang kain bekas sekitar pukul 05.00 WIB. Kemudian dengan cepat api menjalar dan membesar.

“Ada api di dalam pasar dan kalau diamati apinya dari dalam ruangan. Mungkin itu karena korsleting listrik tapi sebagian pedagang ada yang tak sempat mengeluarkan barang dagangannya,” katanya.

Menurut dia, sebagian pedagang dan warga berusaha memadamkan api dengan air seadanya, namun api semakin membesar. Beruntung empat jam kemudian api berhasil dipadamkan oleh truk damkar milik Pemko Siantar dan PT STTC. Pengamatan di lokasi, para pedagang kain yang berjualan di pajak tersebut tampak menjerit tak sempat menyelamatkan barang-barangnya.

Kapolsek Siantar Utara AKP Asmon B SH mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara di lapangan dari 300 kios, 80 persen di antaranya ludes terbakar.  Asmon menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran karena masih dalam tahap penyelidikan.

“Kasus kebakaran ini akan ditangani secara gabungan dengan Poldasu. Kami sudah minta tim Labfor untuk turun dan meriset motif dan penyebab kebakaran karena ini terjadi dalam jumlah besar,” kata Asmon dihubungi SIB, Sabtu (21/6) di Pematangsiantar.

Ia menjelaskan, dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada menelan  korban jiwa. Karena  pasar sedang kosong dan belum ada aktivitas warga maupun pedagang.

Pengamatan SIB di lokasi kebakaran, tampak sebagian pedagang mengevakuasi barang dagangannya ke pinggir jalan Patuan Anggi. Kemudian, kemacetan panjang juga sempat terjadi selama empat jam sejak api mulai terlihat. Sementara sebagian pedagang lainnya masih mencari sisa-sisa barang dagangannya yang masih bisa dimanfaatkan.

Dalam peristiwa itu jumlah kerugian pedagang ditaksir mencapai lebih dari Rp 2 miliar. Di lokasi ini juga tampak puluhan petugas Polres Pematangsiantar. Polsek di sekitarnya dan aparat TNI berjaga-jaga untuk membantu warga menyelamatkan barang dagangannya dan mengatur arus lalu lintas. (BNS/C4/C6//C8/ASS/d)

Simak berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB). Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap hari pukul 13.00 WIB.
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments