Kamis, 13 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Rakernas PDIP Usulkan Nama Trisakti untuk Kabinet Jokowi-JK

Rakernas PDIP Usulkan Nama Trisakti untuk Kabinet Jokowi-JK

*Ucapan Selemat ke Prabowo yang Jadi Ketum Gerindra, PDIP Ajak Kerjasama
Senin, 22 September 2014 10:02 WIB
Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi)
Semarang (SIB)- Rakernas IV PDI Perjuangan mengeluarkan 24 poin sikap politik dan rekomendasi. Salah satunya usulan nama Trisakti untuk kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Rakernas IV PDIP mengusulkan kepada Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk memberi nama kabinet yang akan dipimpinnya dengan nama Kabinet Trisakti," ujar Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga PDIP Puan Maharani saat membacakan pernyataan sikap dan rekomendasi Rakernas IV di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/9).

Dalam poin ketiga rekomendasi Rakernas, PDIP mendorong pemerintah konsisten menjalankan pemerintahan berdasarkan Trisakti. "Berdaulat politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam budaya," ujar Puan.

Soal kabinet, Jokowi kemarin (19/9) menegaskan dirinya bersama JK belum menentukan nama-nama menteri pengisi kursi kabinet. Saat ini masih dilakukan penggodokan arsitektur kabinet.

"Kita ini sekarang masalah berkaitan dengan arsitektur kabinet, masih berbicara masalah itu. Belum berbicara siapa yang duduk di itu. Nanti pelan-pelan akan diisi, diisi, diisi kan masih sampai tanggal 20 Oktober, masih lama," ujar dia.

Sementara Puan di sela Rakernas menyebut partainya belum membahas nama-nama yang diusulkan menjadi menteri. Usulan nama menteri dari PDIP nantinya akan dipertimbangkan Megawati Soekarnoputri.

"Kami belum bicara siapa dan kenapa dan di posisi mana itu merupakan hak prerogatif dari ketum nanti," katanya.

Puan menegaskan calon menteri dari PDIP harus memiliki kompetensi dan berintegritas. Sebab para menteri nanti juga bertanggungjawab menjaga pemerintahan.

Rakernas yang dihadiri 1.590 kader partai resmi ditutup malam ini. Rakernas dibuka oleh Megawati kemarin (19/9) dengan dihadiri Jokowi-JK, pimpinan parpol pengusung termasuk petinggi dua parpol Koalisi Merah Putih yakni PPP dan PAN.

PDIP Ajak Kerjasama

PDIP megucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum Sementara Partai Gerindra. Ia berharap Partai Gerindra bisa bekerjasama membangun bangsa.

"Kami ucapkan selamat kepada Gerindra yang menempatkan Pak Prabowo jadi Ketua Umum setelah meninggalnya Ketua Umum sebelumnya," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo di lokasi Rakernas PDIP.

Menurut Tjahjo, partai Gerindra memiliki prinsip yang sama untuk membangun bangsa sehingga kedepannya bisa bekerja sama membangun Indonesia meski sempat berbeda pendapat karena memang capres yang diusung berbeda.

"Mari bekerjasama. Pak Prabowo hampir ada kemiripan, beliau meniru gaya dan pemikiran Bung Karno," tegasnya.

Prabowo terpilih secara aklamasi untuk menjadi Ketua Umum sementara Partai Gerindra. Penentuan ini dilakukan dalam Kongres Luar Biasa Gerindra di Nusantara Polo Club, Bogor.

(dtc/c)

T#gs Rakernas
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments