Jumat, 18 Okt 2019

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Dermaga Muara

* Kemenhub Kucurkan Rp 644 Miliar Bangun Dermaga di Danau Toba
admin Selasa, 30 Juli 2019 10:56 WIB
SIB/Posma Simorangkir
TINJAU: Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Dermaga Muara Danau Toba, di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (29/7) malam.
Muara (SIB) -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengucurkan dana Rp 644 miliar untuk pembangunan 12 dermaga dan 5 kapal di Danau Toba.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat diwawancarai SIB di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Dermaga Muara, di Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Senin malam (29/7).

Disampaikan, seluruh dermaga dan kapal akan selesai dikerjakan tahun 2020. Ke-12 dermaga berada di Tongging, Silalahi, Simanindo, Tigaras, Ambarita, Ajibata, Sipinggan, Onan Runggu, Porsea, Balige, Muara dan Marbun Toruan.

Saat ini pembangunan seluruh dermaga dalam tahap pengerjaan mencapai 40 persen. Semuanya dilengkapi dengan terminal.

Salah satu dermaga yang telah selesai dibangun adalah Dermaga Ajibata. "Semua bangunan dermaga nantinya akan sama seperti di Ajibata, " sebutnya.

Berikutnya pembangunan lima kapal akan dikerjakan secara bertahap. Satu kapal telah selesai dibangun dan sudah beroperasi yaitu Ihan Batak.

Menurut Menhub, kehadiran kelima kapal baru tersebut bukan berarti akan menggusur kapal-kapal lama yang selama ini telah beroperasi di Danau Toba. Akan tetapi akan dibuat dua segmen yaitu kapal baru mengangkut mobil dan kapal lama mengangkut sepedamotor.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi tiba di lokasi pembangunan Dermaga Muara pukul 19.16 WIB. Ia disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan dan istri Satika br Simamora.

Dalam suasana gelap diterangi lampu listrik, Jokowi bersama rombongan sejumlah menteri langsung melakukan peninjauan.

Presiden didampingi Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono lebih dulu mendapat penjelasan rencana pembangunan seluruh dermaga.

Jokowi berpesan agar arsitektur pembangunan dermaga dikordinasikan Kementerian Perhubungan dengan Kementerian PUPR.
Sebelumnya, Presiden dan rombongan tiba Bandara Silangit pukul 16.40 WIB.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Tapanuli Utara. Di sepanjang jalan anak-anak sekolah mengibarkan bendera merah putih.

Sementara ribuan warga di Muara menyambutnya dengan yel-yel Jokowi, Jokowi, Jokowi. Walau kunjungannya di Muara dalam waktu singkat yakni sekira 10 menit, akan tetapi beberapa warga masih mendapat kesempatan berswafoto. (BR7/G02/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments