Jumat, 10 Apr 2020
  • Home
  • Headlines
  • Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Al Quran di Langkat

Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Al Quran di Langkat

* Polres Langkat: Pelaku Positif Gunakan Narkoba
Admin Sabtu, 29 Desember 2018 09:39 WIB
SIB/Sukardi Bakara
Medan (SIB) -Pihak Kepolisian meringkus seorang pria berinisial Z yang diduga melakukan pembakaran Al-Quran dekat Mushola Raudatul Hasanah Jalan Listrik Lingkungan IX Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Jumat (28/12).

"Benar ada mengamankan seorang pria yang melakukan pembakaran Al-Quran," kata Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

Tatan menjelaskan, pelaku warga Jalan Listrik Lingkungan IX, Kelurahan Pekan Besitang,  diringkus tak jauh dari kediamannya, sekira pukul 08.00 WIB. "Ditangkap saat membakar," jelasnya.

Tatan mengatakan, menurut pengakuan tersangka, Al Quran yang dibakarnya tersebut sudah rusak dan sebagian isi dalamnya sudah ada yang koyak. "Alasannya, karena Al Quran tersebut sudah rusak," sebutnya.

Namun, Tatan mengaku, polisi tidak mudah percaya dengan alasan tersangka. Untuk itu pihaknya masih terus melakukan pendalaman apakah ada motif lain di balik tindakannya tersebut. "Kami masih melakukan pendalaman lagi untuk mengetahui keterlibatan yang bersangkutan dengan kasus ini," jelasnya. 

Lebih lanjut Tatan menuturkan, dalam kasus ini, selain tersangka pihaknya juga sudah mengambil langkah-langkah berupa  mengamankan barang bukti, mengambil keterangan saksi dan koordinasi dengan instansi terkait. "Nanti apakah ada keterlibatan tersangka lain akan kita kabari secepatnya. Sejauh ini tersangkanya baru satu, anggota juga masih melakukan pengembangan," tuturnya.

Ia juga mengatakan akan mendalami kasus ini apakah ada kaitannya dengan pembakaran Al Quran di Mesjid Nurul Huda Kelurahan Paya Mabar Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Senin (24/12).

Ia berharap masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh isu yang sengaja disebar untuk menciptakan situasi tidak kondusif dan perpecahan di dalam kehidupan bermasyarakat. "Saya harap masyarakat tetap solid dan bergandengan tangan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Sumut, jangan mau dipecahbelah," pungkasnya. 

GUNAKAN NARKOBA
Sementara itu,  Wakapolres Langkat Kompol Hendrawan SIK MH didampingi Kasat Reskrim AKP Juriadi Sembiring  di Mapolres Langkat di Stabat, Jumat (28/12) menyebutkan, pembakaran Al Quran   oleh pelaku, diketahui berawal dari seorang saksi sedang mengantar surat kabar ke rumah orangtua tersangka. Saksi melihat  di halaman depan rumah terlihat ada empat mushaf Al Quran yang tertumpuk sedang terbakar.

Saksi kemudian melaporkan peristiwa pembakaran itu kepada Kepala Lingkungan  setempat  sehingga sejumlah warga memadamkan api. Sedangkan warga lainnya menggedor kediaman Halimah (orang tua tersangka) lalu dibuka oleh pelaku Z. Ketika ditanyakan mana ibunya dijawab tersangka sedang di Aceh.

Kepada petugas, tersangka   Z mengaku membakar Al Quran dengan cara disiram dengan minyak bensin, lalu menyalakan api dengan mempergunakan mancis dengan tujuan agar menjadi hancur serta menjadi abu.

Dari  lokasi, polisi menemukan  sejumlah barang bukti empat mushaf Al Quran yang sudah terbakar, golok dan berbagai buku. Dari hasil test urine ,  tersangka  dinyatakan petugas positip  menggunakan narkoba. (A18/A-26/c)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments