Rabu, 23 Okt 2019

Peserta Konvensi Capres PD Blusukan di Sumut

* Dahlan Iskan Pilih Menginap BErsama Pengungsi Sinabung, *Gita Wiryawan Tantang Siswa Pproduksi Mobil dan Pesawat, *Ali Masykur Kunjungi Kuil
Rabu, 22 Januari 2014 10:09 WIB
SIB/Sonry Purba
DAHLAN ISKAN : Menteri BUMN dahlan Iskan sarapan pagi sambil menggendong anak balita pengungsi yang ditampung di eks UKA, Selasa (21/1).
Medan (SIB)- Para peserta konvensi capres Partai Demokrat blusukan di Sumatera Utara. Mereka mendadak merakyat mencari simpati warga dalam dua hari terakhir.

Penampungan pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo menjadi lokasi favorit para peserta. Irman Gusman, Gita Wiryawan dan Dahlan Iskan mengunjungi tempat itu, Senin (20/1).

Selasa (21/1), ketiganya sudah berada di Medan. Irman blusukan ke Pasar Petisah. Ketua DPD ini bertemu para pedagang untuk memantau suplai sayur-mayur yang diperkirakan terimbas bencana Gunung Sinabung, yang merupakan salah satu sentra pertanian di Sumut.

Jika Irman ke Pasar Petisah, Gita Wiryawan blusukan ke Pusat Pasar. Menteri Perdagangan ini juga menemui para pedagang.

Sementara itu, Ali Masykur Musa blusukan ke Kuil Shri Mariaman di Jalan Zainul Arifin, Medan. Selanjutnya, dia bertemu dengan warga NU di Wisma PHI, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Peserta lainnya, Pramono Edhie Wibowo, juga dikabarkan juga tiba di Medan. Mantan KSAD ini dilaporkan sempat makan kerang di pinggir jalan dan bertemu masyarakat di Kayu Besar, Tanjung Morawa, Deliserdang.

Tantang Siswa Medan
Menteri Perdagangan RI Gita Irawan Wirjawan mengatakan akan memberikan beasiswa kepada 20 siswa-siswi Yayasan Pendidikan Teknologi (YPT) Teladan Medan.

Gita Wirjawan mengatakan itu ketika mengunjungi sekolah itu, Selasa (21/1) di Jalan Pertiwi/Bersama Kecamatan Medan Tembung.

Gita menantang siswa agar nanti mampu memproduksi ponsel, mobil dan pesawat. Gita mengaku miris dengan ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap ponsel. Namun, disisi lain ponsel buatan dalam negeri sama sekali belum diproduksi.

"Saya yakin siswa YPT Teladan Medan nantinya akan mampu membuat ponsel," katanya.

Gita juga menyebutkan, agar mampu bersaing dengan bangsa lain pada ASEAN Economy Community 2015 maka satu-satunya cara yakni meningkatkan produktivitas serta mencintai produksi dalam negeri.

Menginap di Pengungsian

Jelang tengah malam Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi posko pengungsi letusan gunung Sinabung yang ada di Desa Slabang-abang, Berastagi, Sumatera Utara. Dahlan datang di temani anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Hankam, TB Silalahi, serta beberapa pejabat BUMN.

Namun ada yang menarik dari kunjungan Dahlan ke tengah pengungsi. Usai bercengkrama dengan anak-anak pengungsi. Dahlan langsung bermalam di posko pengungsi Jambur Taras, aula adat masyarakat Karo.

"Saya mau menginap di sini saja bersama anak-anak," terang Dahlan singkat kepada sejumlah stafnya, Senin (20/1).

Sebelumnya mantan Dirut PLN ini, membagikan sejumlah hadiah kepada anak-anak pengungsi yang jadi pemenang lomba mengarang. Bahkan Dahlan yang malam itu berkaos putih dibalut sweter biru mengajak anak-anak menari bersama.

Rupanya keriangan itu lah yang membuat Dahlan mendadak ingin menginap. Namun niat tersebut terang saja membuat beberapa staf dan relawan jadi kebingungan. "Bagaimana nih. Kan besok ada acara banyak," ujar Rina Ginting, salah satu staf Dahlan.

Di pos pengungsian Jambur Taras, ada 1951 jiwa yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung. Mereka sudah tiga bulan mengungsi di tempat itu.

Kunjungi KUIL

Peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) RI dari Partai Demokrat, Dr Ali Masykur Musa, SH MSi MHum menyatakan, Indonesia ke depan harus menjunjung tinggi etika berpolitik. Jangan hanya karena keinginan berkuasa, lalu menghilangkan penghormatan sesama agama dan manusia.

“Faktanya, sampai hari ini masih ada kekerasan antarumat beragama. Ini harus diakhiri, karena selain bertentangan dengan kemanusiaan, juga melahirkan konflik berkepanjangan dan kontraproduktif dalam membangun Negara yang besar,” kata Ali Masykur seusai mengadakan kunjungan dengan pengurus Kuil Shri Mariamman, di Jalan Teuku Umar, Kampung Madras, Medan, Selasa (21/1).

Ali Masykur dan rombongan disambut dengan antusias oleh pengurus Kuil Shri Mariamman, Kuna Segren dan para pandita. Silaturahmi berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan. Dalam kesempatan ini, Kuna Segren menyampaikan harapannya kepada Capres yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) itu.

“Sebagai orang NU yang selalu diajarkan toleransi sesama umat manusia, ini harus diteruskan. Karena buat saya, Islam adalah rahmat bagi seluruh alam, tidak membeda-bedakan manusia, agama dan suku,” tandas Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) 1991 - 1994 ini. (A22/A2/detikcom/R10/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments